trubus.id
Kampus Diklat Wisma Hijau Terapkan Protokol Khusus untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Kampus Diklat Wisma Hijau Terapkan Protokol Khusus untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Astri Sofyanti - Kamis, 02 Apr 2020 13:00 WIB

Trubus.id -- Dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), Trubus Bina Swadaya (TBS Grup) menyusun sejumlah protokol kesehatan yang harus terapkan oleh semua bidang program maupun Perseroan Terbatas (PT). Hal serupa juga dilakukan oleh PT. Bina Sarana Swadaya, pengelola Kampus Diklat Wisma Hijau, di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. 

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa perhotelan, Wisma Hijau turut menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan pemerintah dan TBS Grup untuk melakukan sejumlah upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Direktur PT. Bina Sarana Swadaya, Sri Mulyati memaparkan, sejumlah protokol kesehatan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan Wisma Hijau yang telah dilakukan diantaranya adalah dengan mewajibkan pemeriksaan suhu tubuh (Thermal Scanner) kepada setiap orang yang masuk kawasan Kampus Dikat Wisma Hijau, baik itu karyawan, dan lainnya.

Selain itu, karyawan Wisma Hijau yang dalam kondisi tidak fit atau sedang sakit, pengelola juga membuat kebijakan yang berguna untuk melindungi karyawan itu sendiri maupun rekan kerja serta tamu yang datang. 

“Karyawan yang merasa tidak sehat dan mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, gangguan pernapasan, ditambah dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius diimbau untuk beristirahat. Bila keluhan berlanjut diimbau untuk segera memeriksakan diri ke dokter,” kata Mulyati ketika dihubungi Trubus.id, Rabu (1/4).

Kemudian, saat di ruang lingkup Kampus Dikat Wisma Hijau, seluruh karyawan dan tamu juga diimbau untuk tetap menggunakan masker. Kemudian ada juga imbauan untuk menerapkan etika batuk dan bersin sesuai anjuran Kementerian Kesehatan seperti menutup mulut menggunakan lengan atas bagian dalam atau tisu saat batuk atau bersin dan segera buang ke tempat sampah.

Berikutnya, Kampus Dikat Wisma Hijau juga terus meningkatkan upaya kebersihan diri seperti mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik dan air mengalir serta menggunakan cairan antiseptik (hand sanitizer) yang telah disediakan di banyak tempat di lokasi tersebut. Tak hanya itu, pengelola juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area Wisma Hijau.

“Wisma Hijau melakukan menyemprotan disinfektan baik di area luar ataupun di dalam ruangan secara berkala,” ucap Mulyati lagi.

Sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19, Mulyati juga mengatakan bahwa seluruh kegiatan yang ada di Wisma Hijau mulai dari penerimaan tamu, pelatihan hingga seminar ditunda sementara waktu.

“Hingga situasi kondusif, seluruh kegiatan di Wisma Hijau yang mengumpulkan banyak orang atau kegiatan berkelompok ditunda sementara,” ungkap Mulyati.

Kendati demikian, Lanjut Mulyati, operasional catering dan pesanan makan masih tetap berjalan. Hingga saat ini pengelola Wisma Hijau masih tetap menerima pesanan dan melayani permintaan catering yang masuk dengan metode pesan antar ke berbagai wilayah.

Berkaitan dengan pencegahan penularan Covid-19, ia mengungkapkan bahwa Wisma Hijau menerapkan sejumlah SOP, terutama bagi teman-teman yang melayani catering baik dari proses memasak, persiapan, sampai distribusi ke tepat pemesanan, pihaknya juga telah menjalankan protokol yang sudah ditetapkan oleh TBS Grup.

“Sebagai langkah pencegahan, teman-teman selalu menggunakan sarung tangan, masker hingga penutup kepala, ini sudah menjadi SOP food and beverage Wisma Hijau,” pungkasnya.

Editor : Syahroni

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020