trubus.id
Dampak Positif Pandemi COVID-19, Tingkat Polusi di Kota-kota Inggris Turun Drastis

Dampak Positif Pandemi COVID-19, Tingkat Polusi di Kota-kota Inggris Turun Drastis

Syahroni - Selasa, 31 Mar 2020 18:00 WIB

Trubus.id -- Tingkat polusi udara di beberapa kota di Inggris telah turun ke tingkat yang lebih rendah dari rata-rata lima tahun sebelumnya karena pandemi coronavirus mengganggu perjalanan dan pekerjaan, penelitian baru menunjukkan.

Para ilmuwan dari University of York memproses data dari lokasi pemantauan pinggir jalan di York, Birmingham, Glasgow, London dan Manchester untuk mengungkap penurunan yang signifikan ini.

Tim, termasuk mahasiswa Ph.D. Will Drysdale dari Departemen Kimia, menggunakan data dari London Air Quality Network dan Jaringan Urban dan Pedesaan Otomatis Inggris yang memantau tingkat nitrogen dioksida (NO2) dan Partikulat (PM2.5).

Materi partikulat

Nitrogen dioksida terutama dipancarkan dari knalpot kendaraan, jadi pengurangan ini kemungkinan disebabkan oleh tingkat lalu lintas yang lebih rendah di kota-kota. Sumber-sumber bahan partikulat lebih bervariasi tetapi termasuk polutan dari transportasi jalan, industri dan pembakaran bahan bakar.

Profesor James Lee dari Departemen Kimia dan Pusat Nasional untuk Atmosfer Sains (NCAS) mengatakan: "Ini adalah dua polutan udara yang memiliki dampak kesehatan terbesar pada manusia. Dari analisis kami, tingkat polusi jelas lebih rendah daripada rata-rata lima tahun sebelumnya, saya berharap mereka akan turun lebih jauh dalam beberapa minggu mendatang.

"Kami akan terus menganalisis data dan berpotensi mengambil lebih banyak situs untuk membangun gambaran situasi yang lebih besar dan lebih akurat."

Nitrogen dioksida

Citra satelit telah mengungkapkan pengurangan dramatis dalam konsentrasi nitrogen dioksida polutan di Cina dan Italia utara, bertepatan dengan penguncian untuk mengatasi pandemi coronavirus.

Para ilmuwan di seluruh dunia melaporkan pengurangan tingkat polusi udara karena pandemi telah menyebar ke berbagai negara, membuat kehidupan sehari-hari terhenti. Tingkat polusi lalu lintas telah jatuh dengan banyak negara di kuncian, sementara paparan polusi juga akan berkurang oleh orang-orang yang tinggal di jalanan.

Masalah kesehatan

Polusi udara menyebabkan sekitar 40.000 kematian dini di Inggris setiap tahun. Ini terkait dengan masalah kesehatan termasuk stroke, penyakit jantung, kanker paru-paru dan penyakit, dan penyakit pernapasan dan infeksi, serta menghambat pertumbuhan paru-paru anak-anak.

Para ilmuwan mengingatkan bahwa data tersebut memerlukan analisis terperinci sebelum mereka dapat menentukan dengan tepat penyebab penurunan polusi. Ada banyak faktor yang mempengaruhi tingkat polusi — termasuk cuaca lokal, peraturan baru, dan aktivitas manusia. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

27 Mei 2020
27 Mei 2020
27 Mei 2020