trubus.id
Berapa Langkah per Hari yang Dibutuhkan untuk Memperpanjang Hidup Anda?

Berapa Langkah per Hari yang Dibutuhkan untuk Memperpanjang Hidup Anda?

Syahroni - Rabu, 25 Mar 2020 08:00 WIB

Trubus.id -- Selama bertahun-tahun, para pakar kesehatan mendesak orang untuk turun dari sofa dan bergerak/ jalan kaki. Sekarang studi pemerintah A.S. baru menunjukkan berapa banyak yang akan didapatkan jika kita melakukan hal itu.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 4.800 orang Amerika berusia 40 tahun ke atas tersebut menemukan pola yang jelas: Semakin banyak langkah yang diambil setiap hari, semakin kecil kemungkinan mereka untuk mati dalam 10 tahun ke depan.

Mereka yang mengelola setidaknya 8.000 langkah sehari — kira-kira setara dengan berjalan 4 mil — satu setengah hingga dua pertiga lebih kecil kemungkinannya untuk mati, dibandingkan dengan orang yang kurang aktif.

Keuntungannya konsisten di antara laki-laki dan perempuan, dalam semua kelompok ras yang diteliti, dan sepanjang rentang usia, para peneliti melaporkan dalam Journal of American Medical Association 24 Maret.

Fakta bahwa orang yang aktif hidup lebih lama bukanlah hal yang mengejutkan, kata para peneliti. Tetapi penelitian ini penting dalam kekuatan desainnya — dan kekuatan hubungan antara langkah sehari-hari dan umur panjang.

Seorang peneliti olahraga yang mengkaji temuan-temuan yang disebut studi "luar biasa."

"Pesan di sini bukan hal baru," kata Dr. Timothy Church, seorang profesor kedokteran pencegahan di Pennington Biomedical Research Center di Louisiana State University.

"Tetapi segala sesuatu tentang penelitian ini dilakukan dengan sangat baik," katanya. "Ini adalah data yang kita tunggu-tunggu."

Banyak penelitian tentang olahraga dan kesehatan jangka panjang didasarkan pada tingkat aktivitas yang dilaporkan sendiri oleh orang-orang. Studi ini, kata Church, mengumpulkan data objektif: Selama satu minggu, para peserta mengenakan alat yang disebut akselerometer, yang mencatat jumlah langkah harian mereka dan intensitas langkah-langkah itu. Para peneliti kemudian melacak kematian dalam kelompok selama rata-rata 10 tahun.

Pada akhirnya, perbedaan angka kematian menurut kelompok "langkah" sangat mencolok.

Di antara mereka yang rata-rata kurang dari 4.000 langkah sehari, ada sekitar 77 kematian per 1.000 orang setiap tahun. Jumlah itu turun menjadi 21 per 1.000 di antara orang-orang yang mendapat antara 4.000 dan 8.000 langkah setiap hari.

Dan di antara orang Amerika yang memenuhi setidaknya 8.000 langkah dalam hari mereka, hanya ada 5 hingga 7 kematian per 1.000 orang setiap tahun.

"Kami sudah lama mengetahui bahwa aktivitas fisik baik untuk Anda," kata rekan penulis studi Charles Matthews, seorang peneliti senior di Institut Kanker Nasional AS di Bethesda, Md.

Tetapi pada saat siapa pun yang memiliki ponsel cerdas dapat melacak langkah mereka, temuan tersebut memiliki nilai dunia nyata.

"Ini menunjukkan bahwa jika Anda saat ini pada 4.000 langkah sehari, Anda bisa mendapatkan manfaat yang cukup dari meningkatkan itu, bahkan hanya menjadi 8.000," kata Matthews.

Itu "hanya" 8.000 langkah, katanya, karena itu adalah jumlah aktivitas yang dapat dilakukan untuk diakumulasikan selama sehari — dengan naik tangga alih-alih menggunakan lift atau dengan cara lain menaiki gerakan-gerakan pendek.

Jika Anda tidak suka pelacak kebugaran, kata Matthews, ikuti saran lama dari pakar kesehatan masyarakat: Dapatkan setidaknya 30 menit aktivitas moderat, seperti jalan cepat, pada sebagian besar hari dalam seminggu.

Pertanyaan yang jelas adalah apakah peserta studi yang berjalan lebih sehat pada awalnya. Para peneliti memang memperhitungkan perbedaan-perbedaan itu — juga tingkat pendidikan orang, berat badan dan pola makan mereka, kebiasaan merokok dan minum.

Dan manfaat dari kegiatan sehari-hari tetap ada: Dibandingkan dengan orang yang rata-rata 4.000 langkah per hari, mereka yang mengelola 8.000 lebih mungkin meninggal, dan mereka yang mencapai 12.000 memiliki risiko dua pertiga lebih rendah.

Tingkat kematian akibat penyakit jantung dan kanker berkurang, penelitian menemukan.

Sementara jumlah langkah harian sangat penting, intensitasnya tidak, dengan sendirinya, terkait dengan risiko kematian.

Apakah itu berarti tidak perlu berkeringat? Gereja memperingatkan bahwa sulit untuk menggarisbawahi pentingnya intensitas dari sejumlah langkah. Dan penelitian itu menemukan bahwa intensitas meningkat ketika jumlah langkah naik.

"Jika Anda berjalan-jalan, Anda akan berjalan sepanjang hari untuk bekerja hingga 12.000 langkah," kata Church. Jadi ya, katanya, kemungkinan orang dengan jumlah langkah tinggi secara teratur mendapatkan latihan khusus.

Tetapi intinya, kata Church, adalah bahwa Anda tidak memerlukan keanggotaan gym untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

Sebagai catatan tambahan, dia menunjuk mantra "10.000 langkah sehari" yang sering dipromosikan. Pelacak kebugaran, seperti Fitbit, menggunakan angka tersebut sebagai tujuan default.

"Ini nomor yang baru saja dihubungi semua orang," kata Church.

Temuan baru, katanya, menunjukkan bahwa itu adalah tolok ukur yang kuat. Penelitian ini merupakan upaya bersama dari Institut Kanker Nasional AS, Institut Nasional Penuaan AS dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S.

Editor : Syahroni

Berita Terkait

09 April 2020
09 April 2020
09 April 2020

Baca Juga

Berita Lainnya