trubus.id
Dengan Metode Organik, Peneliti Merekayasa Sel Surya Menggunakan Enzim dari Pepaya

Dengan Metode Organik, Peneliti Merekayasa Sel Surya Menggunakan Enzim dari Pepaya

Syahroni - Kamis, 12 Mar 2020 23:00 WIB

Trubus.id -- Lapisan tipis titanium dioksida (titania) umumnya digunakan dalam berbagai jenis sel surya. Metode fabrikasi yang saat ini digunakan untuk membuat film titania membutuhkan suhu tinggi, dan juga teknologi canggih yang mahal. Namun kini, para peneliti di Delft University of Technology (TU Delft) kini telah mengembangkan metode organik sepenuhnya untuk merekayasa film tipis titania berpori pada suhu yang relatif rendah.

Dalam sebuah makalah yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Advanced Sustainable Systems, para peneliti TU Delft menggambarkan bagaimana mereka menggunakan enzim yang disebut papain, yang secara alami dapat ditemukan dalam buah pepaya, dalam prosedur pelapisan celup sederhana. 

"Pemanasan lembut dalam oven biasa menghasilkan penguapan sebagian besar bahan organik, meninggalkan film titania berpori", jelas peneliti TU Delft, Dr. Duncan McMillan.

Luas permukaan

Menggunakan proses produksi baru, Edward van Amelrooij, mahasiswa MSc dalam Fisika Terapan, menciptakan perangkat uji pertama: sel surya peka-warna alami. 

"Metode produksi saat ini membutuhkan ruang hampa udara yang kuat atau peralatan khusus yang diperlukan untuk memanaskan sampel hingga 600 ° C," kata McMillan. "Ini tidak hanya membuat prosesnya sangat mahal, tetapi juga menghasilkan lapisan datar yang tidak dapat ditumpuk, menghasilkan area permukaan terbatas."

Metode baru, sebaliknya, menggunakan deposisi yang digerakkan oleh enzim dalam beberapa menit, diikuti oleh penguapan yang dapat dicapai dalam oven rumah standar. Hebatnya, ternyata hingga setidaknya 50 lapisan titania ini dapat ditumpuk. 

Selain itu, Dr. Stephan Eijt yang juga dari TU Delft, menggunakan spektroskopi pemusnahan positron untuk mengungkapkan bahwa lapisan titania sangat berpori. 

"Sifat berpori ini memberi kita akses ke area permukaan yang besar. Kami percaya bahwa ini akan menghasilkan efisiensi sel surya yang tinggi bila dikombinasikan dengan teknologi yang ada" terang McMillan. 

Biaya rendah

Metode produksi baru, yang seharusnya mudah ditingkatkan, juga membuka pintu untuk memproduksi film titania murah secara berkelanjutan. 

"Ini sangat baik dapat menyebabkan sel surya murah yang dapat diintegrasikan di jendela rumah atau kantor," kata McMillan. 

Para peneliti saat ini bekerja pada peningkatan kinerja dan stabilitas sel surya dengan menggunakan berbagai pewarna dan dengan menyetel porositas lapisan titania. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020