trubus.id
Musim Dingin yang Hangat Membuat Beruang Bangun Sebulan Lebih Awal

Musim Dingin yang Hangat Membuat Beruang Bangun Sebulan Lebih Awal

Hernawan Nugroho - Rabu, 11 Mar 2020 22:00 WIB

Trubus.id -- Ahli zoologi turun ke hutan hari ini untuk kejutan besar karena beruang di seluruh dunia bangun lebih awal karena musim dingin yang lebih hangat, yang terbaru adalah salah satu yang terpanas dalam catatan. Baik beruang tawanan dan beruang liar di Rusia, Finlandia, dan Inggris telah keluar dari hibernasi lebih awal, dengan beberapa populasi tidak pernah memulai hibernasi sama sekali.

Hibernasi adalah acara tahunan untuk beruang. Tidur panjang selama musim dingin memungkinkan mereka untuk menunggu kondisi paling keras ketika makanan langka. Selama hibernasi, metabolisme mereka akan melambat di samping pernapasan, detak jantung, dan aktivitas fisik mereka, memungkinkan mereka untuk menghemat cadangan lemak yang berharga. Panjang hibernasi yang tepat bervariasi dari satu hewan ke hewan lain dan beruang untuk beruang, tetapi berakhir ketika musim semi tiba, membawa bersamanya suhu yang lebih hangat dan sumber makanan yang lebih berlimpah.

Baca Lainnya : Beruang Kutub Menyimpan Hasil Buruannya di dalam Salju, Seperti Cara Kerja Kulkas

Di Rusia, pekerja di Kebun Binatang Moskwa mengharapkan penghuni kandang beruang di tempat mereka muncul empat minggu lebih awal dari tahun sebelumnya, karena suhu yang hangat membangkitkan dua beruang Himalaya mereka dan satu beruang coklat Kamchatka.

Beruang coklat Kamchatka. (foto: Petr Simon/Shutterstock)

Dalam sebuah pernyataan yang dilaporkan oleh The Moscow Times, CEO Kebun Binatang Moskow Svetlana Akulova mengatakan para ahli zoologi mereka mengharapkan kedatangan lebih awal karena musim dingin yang tidak normal hangat. Lonjakan aktivitas mereka mengindikasikan kepada staf kebun binatang bahwa mereka akan muncul jauh lebih cepat dari biasanya, dengan kedatangan akhir Maret yang diharapkan. Baik beruang coklat Kamchatka dan beruang Himalaya biasanya muncul pada akhir April atau Mei.

Tren ini menyebar ke seluruh benua. Lebih jauh ke selatan Moskow, beruang di Kebun Binatang Voronezh telah membuat penampilan "musim semi" mereka, dan ke pemburu timur di wilayah Kirov telah melihat beruang liar berkeliaran di hutan. Ini bukan gangguan pertama yang dilaporkan dalam perilaku hibernasi tahunan beruang di Rusia. Pada tahun 2019, musim dingin yang hangat berarti beruang coklat di Siberia tidak pernah hibernasi dan efek yang sama terlihat dengan ratusan beruang di cagar alam Rusia Selatan selama musim dingin 2018.

Dampak serupa dari suhu tinggi yang tidak sesuai musim telah dilaporkan dari Kebun Binatang Korkeasaari di Helsinki, Finlandia, yang beruang-beruang residennya terbangun setelah hibernasi singkat hanya dua bulan, membuat penampilan pertama mereka pada bulan Februari tahun ini.

Baca Lainnya : Beruang Coklat Cantabria Berhasil Bangkit dari Punah, Begini Caranya

Di tempat lain di Eropa, tiga beruang coklat Eropa di ZSL Whipsnade Zoo, Inggris, telah membuat penampilan singkat untuk pertama kalinya pada Februari setelah memulai hibernasi November lalu. Penjaga beruang Whipsnade Zoo Felicity Ball mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Mereka menikmati sinar matahari Februari selama 20 menit sebelum kembali ke sarang mereka untuk tidur siang lagi, jadi mereka jelas belum siap untuk sepenuhnya bangun - ketika beruang keluar dari hibernasi mereka cenderung akan menunda beberapa kali, sama seperti sebagian dari kita manusia di pagi hari. "

Munculnya beruang di awal dunia memberikan bukti lebih lanjut tentang dampak perubahan iklim pada ritme biologis hewan. Beruang tawanan yang bangun lebih awal dapat memiliki makanan mereka ditambah, dengan staf di Kebun Binatang Moskow melaporkan mereka akan mulai beruang mereka pada porsi kecil buah dan buah sebelum pindah ke bagian yang lebih besar termasuk daging. Populasi liar, bagaimanapun, harus berjuang sendiri, yang bisa terbukti sulit jika spesies tanaman asli belum mulai berbuah atau buncis dingin kembali antara sekarang dan kedatangan musim semi.

Editor : System

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020