trubus.id
Keragaman Genetik Meningkatkan Hasil pada Varietas Tanaman Hibrida

Keragaman Genetik Meningkatkan Hasil pada Varietas Tanaman Hibrida

Syahroni - Minggu, 08 Mar 2020 12:00 WIB

Trubus.id -- Para peneliti dari The University of Western Australia's (UWA) Institute of Agriculture dan University of Edinburgh's Roslin Institute telah menemukan bahwa tingkat keragaman genetik yang tinggi dan gen dominan dalam tanaman biji-bijian seperti gandum, jagung dan beras mengarah pada produksi hasil yang lebih besar dalam varietas hibrida.

Studi yang dipublikasikan dalam Scientific Reports ini menggunakan simulasi komputer untuk mempelajari bagaimana keragaman genetik mempengaruhi hasil varietas hibrida pada tanaman yang melakukan penyerbukan sendiri.

Profesor Wallace Cowling dari Institut Pertanian UWA mengatakan varietas hibrida cenderung menghasilkan hasil biji lebih besar daripada varietas induk, tetapi hibrida tidak berhasil dalam tanaman penyerbukan sendiri seperti pada tanaman penyerbukan silang.

"Dalam tanaman penyerbukan silang seperti jagung, varietas hibrida menghasilkan dua kali lipat hasil biji dari varietas induk," kata Profesor Cowling.

"Namun, ini bukan kasus untuk penyerbukan sendiri tanaman seperti gandum, atau padi, di mana varietas hibrida biasanya hanya menghasilkan 10-15 persen lebih banyak hasil gabah dibandingkan dengan orang tua mereka."

Dengan tujuan meningkatkan hasil varietas hibrida, tim peneliti memodelkan berbagai skenario pemuliaan.

"Hibrida jagung modern adalah hasil persilangan antara dua kolam pemuliaan hibrida yang terkenal, jadi kami memodelkan pengembangan kolam pemuliaan hibrida pada tanaman yang melakukan penyerbukan sendiri," kata Profesor Cowling.

"Kami menemukan bahwa tidak masalah bagaimana Anda memulai proses pemuliaan, kolam pemuliaan hibrida cepat berkembang setelah beberapa generasi pemuliaan hibrida disimulasikan.

"Namun, varietas hibrida yang berhasil di masa depan hanya tercapai ketika bahan pemuliaan awal memiliki tingkat keragaman genetik dan gen dominan yang tinggi."

Langkah selanjutnya bagi para peneliti adalah mengidentifikasi gen dengan tingkat dominasi tinggi, dan menerapkannya pada pemuliaan varietas hibrida.

"Dengan melakukan ini, kita dapat meningkatkan hasil varietas hibrida yang akan memiliki manfaat signifikan bagi petani Australia dan internasional dan produksi pangan global di masa depan," kata Profesor Cowling.

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020