Ilmuan Museum Queensland Berhasil Deskripsikan 6 Spesies Tokek Baru

Syahroni - Minggu, 08 Mar 2020 09:00 WIB

Trubus.id -- Enam spesies tokek (gecko) baru yang pada dasarnya bersembunyi di depan mata telah berhasil dideskripsikan oleh para ilmuwan Museum Queensland. Salah satu spesies baru, dinamai tokek pohon biasa Gehyra gemina, adalah umum ditemukan di rumah-rumah dan bangunan lain dari Broome ke perbatasan Queensland, namun meskipun banyak ditemukan di seluruh Australia utara, spesies itu belum dideskripsikan oleh ilmu pengetahuan sampai sekarang.

Kurator Senior Museum Queensland dan peneliti Griffith University Dr. Paul Oliver mengatakan bahwa spesies ini adalah satu dari enam spesies baru dari genus Gehyra.

"Tokek ini, pada pandangan pertama dapat terlihat sangat mirip dengan Tokek rumah Asia yang umum dan kadang-kadang dapat diberhentikan seperti itu, tetapi sebenarnya tokek Australia dan spesies baru," kata Dr. Oliver. "Telah bersembunyi di depan mata selama ini dan berkat genetika, kami telah dapat secara formal menggambarkan spesies ini, bersama dengan lima lainnya."

Tidak semua spesies nongkrong di bangunan di sepanjang jalan raya Australia utara, tiga dapat ditemukan di singkapan berbatu, masing-masing di Kimberley, selatan Darwin dan di daerah Mt Isa. Oliver berkata genetika sangat penting untuk mengidentifikasi spesies baru ini.

"Genetika membantu kita mendefinisikan spesies khususnya ketika banyak yang benar-benar terlihat sangat mirip satu sama lain — ada beberapa yang tidak dapat saya pisahkan hanya dengan melihatnya," kata Dr. Oliver.

"Kemajuan baru dalam genetika berarti kita dapat dengan percaya diri mengatakan bahwa mereka benar-benar tidak kawin, meskipun banyak yang terlihat sangat mirip. Mereka mungkin tidak terlihat begitu berbeda dengan kita, tetapi jelas mereka dapat membedakan satu sama lain." terangnya lagi.

CEO Museum Queensland, Dr. Jim Thompson mengatakan bahwa penelitian merupakan pusat identifikasi spesies.

"Penelitian seperti ini menyoroti pentingnya permainan taksonomi di bidang sains dan memahami keanekaragaman hayati kita. Masih banyak yang harus dipelajari tentang keanekaragaman hayati di negara kita dan museum memainkan peran penting dalam menggambarkan dan melestarikan sejarah alam kita di Australia." kata Dr. Thompson

Menteri Ilmu Pengetahuan dan Menteri Seni Leeanne Enoch mengatakan penemuan ini menyoroti pentingnya teknologi baru dalam mengklasifikasikan spesies baru.

"Seiring kemajuan teknologi, para peneliti dapat membuka informasi dan data yang memungkinkan mereka untuk meningkatkan pemahaman kita tentang beragam spesies yang menghuni negara kita," kata Menteri Enoch.

"Para ilmuwan Museum Queensland menggunakan teknologi terbaru dalam sekuensing DNA untuk menggambarkan enam spesies baru yang sebelumnya tidak dikenal oleh sains.

"Apa yang saya temukan menarik adalah bahwa orang-orang memiliki tokek ini mengunjungi rumah dan pekarangan mereka selama bertahun-tahun dan tidak tahu mereka hidup dengan spesies yang tidak diketahui ilmu pengetahuan."

Makalah dengan spesies baru ini baru-baru ini diterbitkan di PeerJ.