trubus.id
Virus Corona Bermutasi, Ilmuwan Tiongkok Temukan Jenis Kedua

Virus Corona Bermutasi, Ilmuwan Tiongkok Temukan Jenis Kedua

Syahroni - Kamis, 05 Mar 2020 19:00 WIB

Trubus.id -- Ketika pejabat layanan kesehatan berjuang untuk membendung wabah virus corona, para peneliti di Tiongkok mengatakan penelitian awal menunjukkan bahwa COVID-19 telah bermutasi dan setidaknya ada dua jenis virus sekarang.

Salah satu dari mereka, jenis yang lebih agresif, telah menginfeksi 70% dari orang yang dites, sementara jenis yang kurang agresif dikaitkan dengan yang lain, menurut dokter di School of Life Sciences Universitas Peking dan Institut Pasteur Shanghai.

Para ilmuwan menjuluki strain agresif "tipe L" dan versi "tipe S" yang kurang lazim. Strain tipe L terlihat lebih sering di Wuhan, di mana wabah dimulai, tetapi para peneliti mencatat bahwa frekuensi infeksi telah menurun. Mereka juga mengingatkan bahwa data yang mereka miliki untuk studi "sangat terbatas" dan tindak lanjut diperlukan untuk memahami evolusi COVID-19.

"Sedangkan tipe L lebih umum pada tahap awal wabah di Wuhan, frekuensi tipe L menurun setelah awal Januari 2020," catat mereka. "Intervensi manusia mungkin telah menempatkan tekanan selektif yang lebih parah pada tipe L, yang mungkin lebih agresif dan menyebar lebih cepat."

Para peneliti mengatakan strain yang berbeda kemungkinan disebabkan melalui mutasi virus versi leluhur. Dan itu bisa berarti semakin banyak yang akan datang. Mereka mendesak komunitas ilmiah untuk bersama-sama berperang dan mengatasi wabah tersebut.

“Temuan ini sangat mendukung kebutuhan mendesak untuk segera, studi komprehensif yang menggabungkan data genom, data epidemiologi, dan grafik catatan gejala klinis pasien dengan penyakit coronavirus 2019 (COVID-19),” catat mereka. 

 

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020