trubus.id
Studi Baru Menegaskan, Konsumsi Buah Selama Kehamilan Tingkatkan Perkembangan Otak Bayi

Studi Baru Menegaskan, Konsumsi Buah Selama Kehamilan Tingkatkan Perkembangan Otak Bayi

Syahroni - Senin, 02 Mar 2020 23:00 WIB

Trubus.id -- Tindak lanjut dari penelitian University of Alberta yang dilakukan pada tahun 2016 menegaskan bahwa wanita hamil yang makan lebih banyak buah selama kehamilan dapat meningkatkan perkembangan kognitif bayi mereka.

"Penelitian kami menindaklanjuti hasil dari 'Studi Cohort Anak' asli, yang menemukan bahwa konsumsi buah pada ibu hamil mempengaruhi ukuran kognitif bayi hingga satu tahun setelah kelahiran," kata seorang peneliti pasca doktoral dalam bidang psikologi Claire Scavuzzo, co. yang juga merupakan pemimpin studi ini.

"Meskipun temuan dari studi (asli) itu menarik, mereka tidak dapat menetapkan bahwa konsumsi buah, daripada faktor-faktor lain, menyebabkan peningkatan pada kognisi bayi." tambahnya lagi.

Baca Lainnya : Mengapa Sangat Sedikit Bayi yang Terjangkit Coronavirus?

Untuk menentukan apakah buah benar-benar faktor yang mempengaruhi kognisi bayi, para ilmuwan bertujuan untuk mereplikasi temuan dari studi asli. Mereka menemukan bahwa bayi tikus yang lahir dari ibu yang dietnya ditambah jus buah memiliki kinerja yang jauh lebih baik dalam tes memori — konsisten dengan penelitian sebelumnya.

"Temuan kami mereplikasi apa yang ditemukan pada manusia dan lalat buah. Dengan cara yang terkendali dan terisolasi, kami dapat mengkonfirmasi peran paparan buah prenatal pada perkembangan kognitif bayi baru lahir," jelas Scavuzzo.

"Kami melihat ini sebagai informasi yang sangat berharga bagi ibu hamil, karena ini menawarkan intervensi diet, non-farmakologis untuk mendorong perkembangan otak bayi."

"Gagasan bahwa nutrisi juga dapat mempengaruhi kesehatan mental dan kognisi baru-baru ini mulai mendapatkan daya tarik," kata penulis utama Rachel Ward-Flanagan.

Baca Lainnya : Tak Hanya Tingkatkan Risiko Kematian Bayi, Polusi Udara Juga Ganggu Fungsi Paru-paru Anak

"Orang-orang ingin dapat memberikan anak-anak mereka awal terbaik dalam hidup, dan dari temuan kami, tampaknya diet yang diperkaya dengan buah adalah cara yang memungkinkan untuk melakukannya." tambahnya lagi.

Seorang mahasiswa gelar Ph.D. Ketika belajar di bawah pengawasan Clayton Dickson, Ward-Flanagan memulai studi lanjutan dengan Scavuzzo bekerja sama dengan profesor pediatri Francois Bolduc dan Piushkumar Mandhane.

Dickson, Scavuzzo, Ward-Flanagan dan Bolduc adalah bagian dari U of A's Neuroscience dan Mental Health Institute. Bolduc dan Mandhane, keduanya adalah anggota Lembaga Penelitian Kesehatan Wanita dan Anak-anak, yang membantu mendukung penelitian asli melalui dana yang disediakan oleh Yayasan Rumah Sakit Anak Stollery dan para pendukung Rumah Sakit Lubang Lois untuk Wanita.

Studi ini, "Paparan Jus Buah Prenatal Meningkatkan Konsolidasi Memori pada Tikus Sprague-Dawley Tikus Pasca Penyapihan Laki-Laki/ Prenatal Fruit Juice Exposure Enhances Memory Consolidation in Male Post-weanling Sprague-Dawley Rats," diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020