trubus.id
Memanaskan Minyak Zaitun Bisa Mengeluarkan Uap  Beracun?

Memanaskan Minyak Zaitun Bisa Mengeluarkan Uap  Beracun?

Hernawan Nugroho - Sabtu, 29 Feb 2020 22:11 WIB

Trubus.id -- Kita tahu bahwa minyak zaitun sangat sehat, tetapi apakah itu minyak goreng yang baik? Ya, ini baik untuk jantung, kolesterol, dan tujuan pencernaan dan merupakan salah satu minyak yang paling dicintai untuk keperluan kuliner. Namun, banyak yang percaya bahwa minyak zaitun tidak cocok untuk memasak karena lemak tak jenuh. Tahukah kamu bahwa memanaskan minyak zaitun dapat menghancurkan banyak sifatnya yang menyehatkan jantung? 

Yang terbaik adalah menggunakan lemak jenuh saat memasak. Itu karena struktur molekul minyak. Tidak seperti lemak jenuh, lemak jenuh tidak memiliki ikatan rangkap sehingga mereka tidak sensitif terhadap panas, cahaya atau oksigen. Meskipun merupakan salah satu minyak tersehat, minyak zaitun telah menimbulkan banyak pertanyaan.

Baca Lainnya : Ganti Minyak Gorengmu dengan Minyak Zaitun dan Rasakan Manfaat Sehat Berikut Ini

Minyak zaitun adalah lemak cair yang diperoleh dari menekan seluruh zaitun. Minyak ini terutama terdiri dari asam oleat, asam lemak termasuk asam linoleat, dan asam palmitat. Ada berbagai jenis minyak zaitun yang tersedia seperti minyak zaitun extra virgin, minyak zaitun virgin, minyak zaitun olahan, dan pomace minyak zaitun tetapi tidak semuanya baik untuk keperluan kuliner. Inilah mengapa kamu harus beralih ke minyak goreng lain untuk memasak dengan panas tinggi.

Kita tahu bahwa minyak zaitun mengandung banyak manfaat kesehatan, tetapi lebih baik tidak memasaknya dengan api besar. Tidak murah untuk membeli minyak zaitun extra virgin dan nutrisi halusnya harus dilindungi. Lemak jenuh seperti ghee, minyak kelapa, dan minyak alpukat bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk memasak.

Panas merusak nutrisi dalam minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung polifenol yang menyehatkan jantung dan kaya akan sifat antioksidan. Fenol ini mulai terdegradasi ketika terkena panas tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa fenol dan polifenol, ketika terpapar panas, terdegradasi dengan cepat. Gunakan minyak zaitun untuk memasak ringan dan sebagai saus salad dan biarkan tetap dingin dan tidak panas.

Memanaskan minyak zaitun merusak asam lemak omega

Terlepas dari manfaat kesehatannya, minyak zaitun juga membantu mengurangi depresi dan meningkatkan kesehatan otak karena mengandung sejumlah asam lemak Omega-3 dan Omega-6 yang layak. Asam lemak ini peka terhadap panas dan hancur ketika minyak dipanaskan.

Memanaskan minyak zaitun melepaskan asap beracun

Ketika minyak dipanaskan di depan titik asapnya, ia mengeluarkan uap beracun. Karena minyak zaitun memiliki titik asap yang rendah, memasak dengan minyak zaitun meningkatkan risiko menciptakan asap yang mengandung senyawa yang berbahaya bagi kesehatan. Kamu bahkan mungkin tidak menyadari bahwa kamu menghirup uap beracun.

Baca Lainnya : Studi: Jenis Minyak Goreng Ini Dapat Sebabkan Perubahan Genetik di Otak

Jadi, minyak zaitun memang sehat dan lezat tetapi sebaiknya tidak digunakan untuk memasak. Minyak ini cocok sebagai saus salad, dicampur dalam saus dan bisa ditaburi sayuran matang. Jika kamu mencari minyak yang baik untuk memasak, gunakan lemak jenuh seperti minyak kelapa, ghee, lemak dan minyak alpukat. Tetapi bagaimana dengan klaim bahwa kamu dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak zaitun olahan untuk memasak? Yah, menggunakan mereka berarti menggunakan minyak nabati lainnya yang disaring dan dimurnikan ganda dan kehilangan manfaat nutrisi.

Editor : System

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020