trubus.id
Life » Cara Menanam Sayuran Di Dalam Ruangan
Cara Menanam Sayuran Di Dalam Ruangan

Cara Menanam Sayuran Di Dalam Ruangan

Hernawan Nugroho - Sabtu, 29 Feb 2020 13:00 WIB

Trubus.id -- Musim hujan sedang melanda, tapi Trubus Mania tetap ingin berkebun dan memanen sayuran sendiri di rumah? Tak ada yang tak mungkin. Hanya saja, tantangan terbesar dari pertumbuhan sayuran di dalam ruangan adalah cahaya rendah dan kurangnya penyerbukan serangga dan angin. Namun, di sisi positifnya, kamu dapat mengontrol air, tanah, dan kesuburannya. Sayangnya, hama dan penyakit mungkin mengikuti, tetapi karena tanaman selalu berada dalam pengawasan, kamu harus dapat menghentikan masalah sebelum membuatmu pusing.

Tips Bertanam Sayuran Dalam Ruangan 

  • Gunakan campuran media tanam yang berkualitas baik, bukan tanah kebun.
  • Wadah harus memiliki drainase yang baik dan cocok dengan ukuran tanaman tertentu. Misalnya, sayuran dangkal dan berakar hanya membutuhkan kedalaman dua inci, tetapi tomat yang berakar dalam membutuhkan setidaknya 12 inci tanah.
  • Jendela cerah biasanya tetap tidak menyediakan cukup cahaya untuk tanaman yang sehat dan kekar. Kamu mungkin ingin menggunakan beberapa jenis pencahayaan tambahan; baik lampu tanaman atau lampu neon spektrum penuh.
  • Jangan letakkan tanaman begitu dekat dengan jendela sehingga mereka terkena angin atau dekat dengan sumber panas yang bisa mengeringkannya.

Berikut beberapa jenis tanaman sayur yang mudah untuk dikembangkan di dalam rumah. 

Baca Lainnya : Dengan Perlakuan Ini, Buah dan Sayuran Tak Cepat Membusuk Usai Dipanen

1. Wortel

Menanam wortel dalam wadah di dalam ruangan merupakan pilihan yang bagus. Wortel yang lebih kecil lebih mudah tumbuh. Mereka membutuhkan lebih sedikit ruang dan matang dengan cepat. Wadah panjang, seperti kotak jendela, sangat ideal. Kunci untuk perkecambahan yang baik adalah menjaga tanah tetap lembap. Cukup tutupi sedikit biji dengan lumut gambut yang lembab sehingga bijinya tidak mengering, tetapi tidak ada kerak keras di atasnya, mencegah perkecambahan. Biji harus berkecambah dalam waktu dua minggu. Hari hingga jatuh tempo akan tergantung pada varietas yang kamu tumbuhkan.

2. Paprika pedas

Kamu dapat mencoba paprika manis atau pedas, mulailah keduanya dengan biji. Gunakan wadah yang tingginya setidaknya delapan inci. Paprika pedas membutuhkan setidaknya 10 jam cahaya setiap hari. Jangan berlebihan menyirami. Biarkan wadah mengering di antara waktu penyiraman. Tanaman ini melakukan penyerbukan sendiri, tetapi kamu mungkin perlu membantu mereka. Kamu bisa mendorong tanaman untuk mengguncang serbuk sari dari satu bunga ke bunga lain atau menggunakan kapas untuk menyilangkan setiap bunga dengan serbuk sari.

Selada (foto: pixabay)

3. Selada dan Sayuran Salad Lainnya

Selada cepat tumbuh dan berakar dangkal, sehingga tidak membutuhkan wadah yang dalam. Pilih wadah yang kedalamannya dua sampai empat inci, dan isi dengan tanah yang lembap. Tabur benih dan tekan dengan lembut di permukaan tanah. Sebarkan agar biji tetap lembab dan Anda akan melihat perkecambahan dalam waktu sekitar satu minggu.

Biarkan tanaman tumbuh setinggi setidaknya empat hingga enam inci sebelum kamu mulai panen. Potong atau tarik daun luar dan biarkan bagian tengah tanaman terus tumbuh.

Editor : System

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020