trubus.id
Mengenal Cucamelon dan Cara Budidayanya

Mengenal Cucamelon dan Cara Budidayanya

Hernawan Nugroho - Sabtu, 29 Feb 2020 10:00 WIB

Trubus.id -- Ada banyak sayuran indah yang bisa kita tanam di kebun, tetapi jika ada yang layak disebut "imut", itu adalah cucamelon. Dan tidak sulit untuk melihat mengapa mereka juga disebut melon tikus — buah satu inci ini terlihat seperti semangka yang akan dibawa pulang oleh tikus dari pasar. Di Meksiko, mereka disebut Sandita, yang berarti semangka kecil.

Cucamelon (Melothia scabra) bukanlah mentimun atau melon. Mereka adalah anggota keluarga mentimun (Cucurbitaceae) tetapi dengan spesies mereka sendiri.

Cucamelons memiliki kerenyahan yang unik dan rasa asam yang sedikit tajam, seperti mentimun, yang membuatnya menjadi tambahan yang bagus untuk hidangan mentah, dan acar, salsa, salad, bahkan digunakan sebagai hiasan untuk minuman.

Cara Menanam Cucamelon

Sebagai penduduk asli Meksiko dan Amerika Tengah, cucamelon membutuhkan periode pertumbuhan yang panjang, hangat, dan cerah. Mereka lambat untuk berkecambah dan lambat untuk tumbuh, itu sebabnya dalam iklim apa pun, mereka paling baik dimulai di dalam ruangan. Tetapi kamu akan diberi hadiah panen panjang sampai hari-hari terakhir musim panas.

Baca Lainnya : Tingkatkan Kualitas, Ilmuan Teliti Gen dari 7 Spesies Semangka yang Ada di Dunia

Menanam dari Biji

Cucamelon bisa tumbuh lambat dan tidak menentu untuk berkecambah sehingga yang terbaik adalah memulainya dari biji di dalam ruangan di mana kita dapat lebih mengontrol kelembapan dan suhu tanah.

Mulai benih tiga hingga empat minggu sebelum tanggal beku terakhir. Gunakan pot yang bisa terbiodegradasi untuk menghindari gangguan akar yang lembut saat memindahkan cucamelon ke kebun nanti.

Tanam dua hingga tiga biji per pot dalam campuran pot steril, dalam 0,5 inci. Jaga agar tanah tetap lembab pada suhu sekitar 21 derajat Celsius. Butuh waktu 14 hari atau lebih lama bagi mereka untuk berkecambah.

Setelah bibit muncul, pisahkan menjadi satu tanaman per pot. Tiga hingga lima minggu setelah memulai benih, ketika tinggi bibit setidaknya dua inci, keluarkan, lalu pindahkan ke kebun. Ruang tanaman terpisah setidaknya 60 cm.

Salad cucamelon (foto: Inhabitat)

Cahaya

Cucamelon membutuhkan banyak sinar matahari selama seluruh siklus hidupnya. Segera setelah bibit muncul, letakkan di ambang jendela yang cerah, atau di bawah lampu neon, tiga hingga empat inci di atas bibit, hidup selama 16 jam, dan mati selama delapan jam. Saat bibit tumbuh, naikkan lampu sesuai kebutuhan.

Sebelum memindahkan bibit ke kebun, lindungi mereka dari sinar matahari yang terlalu banyak dengan secara bertahap mengeluarkannya selama satu minggu. Setelah ditanam di kebun, cucamelon membutuhkan enam hingga delapan jam atau lebih dari sinar matahari langsung.

Editor : System

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020