trubus.id
China Kirim 'Tentara Bebek' untuk Bantu Pakistan Perangi Hama Belalang

China Kirim 'Tentara Bebek' untuk Bantu Pakistan Perangi Hama Belalang

Syahroni - Kamis, 27 Feb 2020 18:00 WIB

Trubus.id -- Pemerintah China berencana untuk mengirim 100.000 ekor bebek untuk membantu Pakistan memerangi serangan belalang besar, kata surat kabar setempat dilansir dari AFP, Kamis (27/2).

Pasukan bebek pemangsa serangga itu akan dikirim dari provinsi timur Zhejiang setelah pengiriman tim ahli China sebelumnya ke Pakistan untuk memberi saran tentang tanggapan atas serangan yang disebut terburuk dalam 20 tahun, Ningbo Evening News menuliskan.

China mengerahkan bebek, yang pakan alaminya termasuk serangga, untuk melawan serangan serupa di wilayah barat laut Xinjiang dua dekade lalu. Langkah tersebut dilaporkan membawa dampak sangat besar. Tak hanya itu, penggunaannya juga jauh lebih murah dan tidak merusak lingkungan daripada penggunaan pestisida, kata surat kabar yang mengutip peneliti dari Institut Teknologi Pertanian Provioncial Zhejiang Lu Lizhi.

Selain itu, bebek juga lebih cocok untuk tugas itu daripada unggas lain, seperti ayam, kata Lu.

"Bebek suka tinggal dalam kelompok, jadi mereka lebih mudah dikelola daripada ayam," katanya. 

Seekor bebek diketahu mampu makan lebih dari 200 ekor belalang per hari, dibandingkan dengan hanya 70 untuk ayam, kata Lu. 

"Mereka memiliki kemampuan tempur tiga kali lipat," tambahnya.

Panggilan ke kantor pers pemerintah provinsi untuk meminta konfirmasi dari laporan itu berdering pada hari Kamis dan nomor yang disediakan untuk departemen publisitas di lembaga ilmu pertanian terus-menerus dilibatkan.

Pakistan diserang oleh gerombolan belalang tahun lalu, yang mulai membuang limbah ke tanaman kapas negara itu dan sekarang mengancam panen gandum. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

09 April 2020
09 April 2020
09 April 2020

Baca Juga

Berita Lainnya