trubus.id
Lebah Bumblebee Dapat Kenali Objek Melalui Indra yang Berbeda

Lebah Bumblebee Dapat Kenali Objek Melalui Indra yang Berbeda

Thomas Aquinus - Kamis, 27 Feb 2020 07:00 WIB

Trubus.id -- Kemampuan untuk mengenali objek di berbagai indera adalah bagian penting dari kemampuan otak manusia untuk menghasilkan gambar mental dunia dan mempertahankan kesadaran secara sadar. Ternyata, serangga dan otak mungil mereka juga memiliki kemampuan yang sama, loh.

Menurut sebuah studi baru, yang diterbitkan di jurnal Science, lebah bumblebee dapat belajar tentang objek menggunakan satu indra dan mengenalinya nanti menggunakan yang lain.

Di lab, para ilmuwan melatih lebah untuk membedakan antara kubus dan bola tanpa bisa menyentuh benda. Para ilmuwan menggunakan air gula sebagai hadiah untuk pemilihan yang benar, sementara mereka yang memilih bentuk yang salah mendapat kina pahit.

Baca Lainnya : Perubahan Iklim Dorong Lebah Bumblebee Mendekati Jurang Kepunahan

Sesi pelatihan awal dinyalakan, memungkinkan lebah untuk menggunakan visi mereka. Selama tes lanjutan, para peneliti memotong lampu dan memaksa lebah untuk membuat pilihan mereka dalam kegelapan. Para lebah diizinkan untuk menghabiskan banyak waktu dengan benda-benda yang mereka inginkan, dan kali ini, mereka tidak dicegah menyentuh benda-benda itu.

Lebah yang belajar mengasosiasikan kubus dengan air gula kembali ke kubus saat dipaksa bernavigasi hanya dengan perasaan. Demikian juga, lebah yang mendapatkan air gula dari bola merasakan jalan ke bulatan dalam gelap.

Ketika para ilmuwan mengulangi percobaan secara terbalik, melatih lebah dalam gelap dan mengulangi percobaan dalam cahaya, mereka mendapat hasil yang sama.

Temuan ini menunjukkan kemampuan yang dikenal sebagai pengenalan lintas-modal dimiliki oleh manusia dan serangga.

Baca Lainnya : Minnesota Akan Membayar Pemilik Rumah untuk Membuat Halamannya Ramah Lebah

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa lebah tidak memproses indra mereka sebagai saluran terpisah - mereka datang bersama-sama sebagai semacam representasi terpadu," kata penulis studi utama Cwyn Solvi, yang melakukan penelitian sementara di Queen Mary University of London tetapi sekarang di Universitas Macquarie di Australia.

"Kami sudah lama tahu bahwa lebah dapat mengingat bentuk bunga," kata rekan penulis studi Lars Chittka, kepala lab di Queen Mary University of London. "Tetapi sebuah smartphone dapat mengenali wajah Anda, misalnya, dan melakukannya tanpa bentuk kesadaran apa pun. Pekerjaan baru kami menunjukkan bahwa ada sesuatu yang terjadi di dalam pikiran lebah yang sepenuhnya berbeda dari mesin - lebah dapat menyulap mental gambar bentuk."

Para penulis studi menyarankan studi masa depan dari sirkuit saraf yang mendasari lintas-modal lebah dapat membantu para ilmuwan lebih memahami bagaimana otak manusia menghasilkan gambaran mental dunia. [Ayu/NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

09 April 2020
09 April 2020
09 April 2020

Baca Juga

Berita Lainnya