trubus.id
Diet Telur untuk Menurunkan Berat Badan

Diet Telur untuk Menurunkan Berat Badan

Hernawan Nugroho - Rabu, 26 Feb 2020 18:00 WIB

Trubus.id -- Menurut sebuah penelitian dari International Journal of Obesity, sarapan dengan telur dapat membantu menurunkan berat badan. Akan tetapi, keistimewaan dari telur ini hanya didapatkan ketika Anda menggabungkannya dengan gaya hidup yang sehat, tidak hanya dari makan telur.

Baca Lainnya : Konsumsi Telur Secara Berlebihan Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Ini dia beberapa faktor yang membuat makan telur bisa bantu mengurangi berat badan:

1. Tinggi nutrisi tetapi rendah kalori

Salah satu alasan mengapa telur bermanfaat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan karena makanan ini kaya nutrisi tetapi tetap rendah kalori. Artinya, pasokan nutrisi Anda tetap bisa terpenuhi tanpa membuat tubuh menggemuk karena terlalu banyak kalori yang masuk.

Pasalnya, salah satu kunci menurunkan berat badan yaitu mengurangi asupan kalori harian.Idealnya, Anda perlu menguranginya hingga 500 kalori per hari supaya mampu menurunkan berat badan 0,5-1 kg per minggu.  Satu porsi telur rebus biasanya mengandung 78 kalori. Bagi Anda yang menyukai telur, sarapan 2 sampai 4 porsi telur rebus bisa membuat tubuh kenyang lebih lama.

Anda tak perlu khawatir kekurangan nutrisi karena telur mengandung berbagai zat gizi yang baik untuk tubuh seperti:

  • Lutein dan zeaxanthin merupakan antioksidan yang baik untuk mata. 
  • Vitamin D agar tulang dan fungsi sistem kekebalan tubuh meningkat. 
  • Kolin untuk meningkatkan metabolisme dan baik untuk perkembangan otak janin

Walaupun demikian, telur bisa memasok kalori berlebih jika dimasak dengan minyak atau mentega. Oleh karena itu, pilihlah cara memasak  yang paling sedikit menyumbang kalori untuk tubuh jika ingin menurunkan berat badan.

2. Kaya akan protein yang mengenyangkan 

Telur cocok dimasukkan sebagai makanan wajib saat menurunkan berat badan karena bisa membuat seseorang jadi lebih cepat kenyang.Hal ini dibuktikan dalam penelitian dari Nutrition Journal. Penelitian menunjukkan bahwa makanan berprotein tinggi memudahkan seseorang untuk mengontrol nafsu makan mereka.

Dalam penelitian tersebut, 34 wanita yang rutin sarapan dan makan siang dijadikan subjek penelitian. Para wanita tersebut diminta untuk sarapan dengan makanan berprotein tinggi, seperti putih telur, sosis, kentang, dan keju.  Nantinya, mereka akan dibandingkan dengan kelompok yang mengonsumsi makanan rendah protein, seperti pancake mini, mentega, dan sirup. 

Hasilnya, wanita yang makan makanan berprotein tinggi merasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan yang mereka yang sarapan protein rendah dan tidak sarapan sama sekali. Dengan membuat seseorang kenyang lebih lama, asupan kalori harian pun otomatis akan berkurang.

Baca Lainnya : Para Ahli: Lebih Baik Makan Telur Utuh daripada Kuning Atau Putihnya Saja

3. Membantu meningkatkan metabolisme

Diet dengan telur tidak hanya membuat Anda kenyang lebih lama, tetapi juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam penelitian yang terbit di Nutrition & Metabolism, metabolisme yang tinggi akan memperlancar pembakaran kalori. Hal ini membuat berat badan seseorang menjadi lebih cepat berkurang.

Umumnya, makanan berprotein akan meningkatkan kadar metabolisme tubuh sebesar 15-30 persen. Maka dari itu, mengonsumsi telur sebagai makanan berprotein tinggi membantu tubuh untuk membakar kalori. 

Editor : System

Berita Terkait

09 April 2020
09 April 2020
09 April 2020

Baca Juga

Berita Lainnya