trubus.id
Foto Terbaru Manta Ray Berwarna Merah Muda di Great Barrier Reef

Foto Terbaru Manta Ray Berwarna Merah Muda di Great Barrier Reef

Hernawan Nugroho - Selasa, 25 Feb 2020 19:00 WIB

Trubus.id -- Di sekitar Pulau Lady Elliot, sebuah pulau seluas 45 hektar di Great Barrier Reef Marine Park Australia, menikmati pemandangan yang tiada duanya di dunia: manta ray dengan perut merah muda yang cerah. Hewan itu pertama kali terlihat pada tahun 2015 dan diberi nama Inspektur Clouseau, seperti nama detektif kikuk dalam film Pink Panther. Gambar-gambar baru dari Inspektur Clouseau, satu-satunya manta ray yang dikenal dengan warna khusus ini, baru-baru ini diambil oleh fotografer satwa liar bawah laut Kristian Laine.

Baca Lainnya : Langkah Besar Pemerintah Australia untuk Selamatkan The Great Barrier Reef 

Mantra rona kemerahan menjadi perhatian Proyek Manta dari Universitas Queensland, yang bertanya-tanya tentang musabab warna yang aneh itu. Para peneliti melakukan biopsi jaringan kecil pada 2016, yang menyebabkan infeksi atau penyakit. Dalam sebuah posting Facebook, tim menyatakan bahwa rona merah muda kemungkinan karena "ekspresi yang tidak biasa dan unik dari kulit melanin!"

Mungkin saja manta tersebut memiliki mutasi genetik yang disebut erythrism yang terkait dengan kelebihan produksi pigmen merah dan kekurangan pigmen gelap, yang disebabkan oleh gen resesif - seperti halnya untuk albinisme, melanisme, dan leucisme. Erythrism telah terlihat pada berbagai hewan, dari macan tutul hingga ular, dan meskipun sangat langka, ini paling sering diamati pada belalang.

Ini mungkin fenomena yang jarang diamati karena hewan dengan pewarnaan yang tidak biasa ini adalah mangsa yang mudah dan tidak membuatnya menjadi dewasa, tetapi manta jantan ini tampaknya baik-baik saja. Mungkin karena pari manta terlahir besar, dan bertambah besar dengan sangat cepat. Manta dewasa memiliki berat lebih dari satu ton.

Baca Lainnya : Konsentrasi Pestisida yang Tinggi Terus Masuki Kawasan Great Barrier Reef

Manta tersebar di seluruh dunia dalam perairan tropis dan subtropis, tetapi tidak semua spesies tersebar secara merata. Proyek Manta bertujuan untuk lebih memahami populasi ikan pari di Australia dan daerah sekitarnya. Mempelajari pergerakan hewan-hewan ini membutuhkan pelacakan dan pengenalan mereka. Untungnya, setiap manta ray memiliki pola bercak unik di bagian bawahnya, semacam sidik jari perut, dan para ilmuwan menggunakannya untuk mengidentifikasi individu.

Editor : System

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020