Peneliti Menemukan, Bahan Diet Mediterania Dapat Memperpanjang Usia

Syahroni - Selasa, 25 Feb 2020 07:00 WIB

Trubus.id -- Para peneliti di University of Minnesota Medical School menemukan potensi cara baru di mana diet mempengaruhi penyakit yang berkaitan dengan penuaan. Doug Mashek, Ph.D., seorang profesor di Departemen Kedokteran dan Biokimia, Biologi Molekuler dan Biofisika, memimpin tim peneliti yang menemukan bahwa minyak zaitun dalam makanan Mediterania mungkin memegang kunci untuk meningkatkan umur dan mengurangi penyakit yang berkaitan dengan penuaan. Selama delapan tahun terakhir, dengan bantuan berbagai hibah dari National Institutes of Health, temuan penelitian mereka baru-baru ini dipublikasikan di Molecular Cell.

Studi awal tentang diet menunjukkan bahwa anggur merah merupakan kontributor utama bagi manfaat kesehatan dari diet Mediterania karena mengandung senyawa yang disebut resveratrol, yang mengaktifkan jalur tertentu dalam sel yang dikenal untuk meningkatkan umur dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan penuaan. Namun, penelitian di laboratorium Mashek menunjukkan bahwa lemak dalam minyak zaitun, komponen lain dari diet Mediterania, yang sebenarnya mengaktifkan jalur ini.

Menurut Mashek, hanya mengonsumsi minyak zaitun saja tidak cukup untuk mendapatkan semua manfaat kesehatan. Studi timnya menunjukkan bahwa ketika digabungkan dengan puasa, membatasi asupan kalori dan berolahraga, efek dari mengonsumsi minyak zaitun akan sangat terasa.

"Kami menemukan bahwa cara lemak ini bekerja adalah pertama-tama harus disimpan dalam hal-hal mikroskopis yang disebut tetesan lipid, yang merupakan cara sel-sel kita menyimpan lemak. Dan kemudian, ketika lemak dipecah selama berolahraga atau berpuasa, misalnya, adalah ketika efek pensinyalan dan manfaat direalisasikan, "kata Mashek.

Langkah selanjutnya untuk penelitian mereka adalah menerjemahkannya ke manusia dengan tujuan menemukan obat baru atau untuk lebih lanjut menyesuaikan rejimen diet yang meningkatkan kesehatan, baik jangka pendek dan jangka panjang.

"Kami ingin memahami biologi, dan kemudian menerjemahkannya ke manusia, semoga mengubah paradigma perawatan kesehatan dari seseorang yang pergi ke delapan dokter berbeda untuk mengobati delapan kelainan yang berbeda," kata Mashek. "Ini semua penyakit yang berkaitan dengan penuaan, jadi mari kita mengobati penuaan." [RN]