trubus.id
China Umumkan Obat Antivirus Pertama Perangi Covid19

China Umumkan Obat Antivirus Pertama Perangi Covid19

Astri Sofyanti - Kamis, 20 Feb 2020 17:00 WIB

Trubus.id -- Guna menghentikan wabah virus corona (Covid19) yang membunuh lebih dari 2.000 nyawa serta menyebar ke 26 negara, membuat banyak negara termasuk China berlomba-lomba menciptakan obat antivirus yang diharapkan bisa mencegah dan mengobati pandemi ini.

Pemerintah Taizhou di Provinsi Zhejiang, China mengumumkan obat pertama untuk mengatasi virus corona jenis baru atau COVID-19. Penggunaan favilavir sebagai obat antivurs COVID-19 ini telah disetujui untuk dipasarkan oleh National Medical Products Administration of China. Antivirus ini dikembangkan oleh perusahaan farmasi Zhejiang Hisun.

Favilavir atau fapilavir, merupakan antivirus yang terbukti memiliki kemanjuran signifikan untuk mengobati virus corona baru ketika uji klinis. Hal tersebut diungkapkan langung oleh Kementerian Sains dan Teknologi China. Menurut laporan China Daily, dalam uji coba klinis terhadap 70 pasien, fapilavir bukan hanya manjur melainkan juga menunjukkan efek samping yang kecil. Ini adalah obat pertama yang disetujui sejak wabah menyebar dengan cepat sejak 31 Desember 2019 lalu.

Antivirus ini sudah mulai diproduksi sejak hari Minggu lalu dan akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk para pasien yang positif terinfeksi virus corona.

Sementara itu, Kementerian Sains dan Teknologi China menyatakan, dua obat lainnya yakni obat anti-malaria chloroquine dan remdesivir tengah dalam pengujian. Chloroquine sedang diuji pada 100 pasien di lebih dari 10 rumah sakit di Beijing dan Provinsi Guangdong. Pengujian tambahan di Provinsi Hunan tengah berjalan.

Editor : System

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020