trubus.id
Kemenkes Terus Waspadai Potensi Penyebaran Covid19

Kemenkes Terus Waspadai Potensi Penyebaran Covid19

Astri Sofyanti - Senin, 17 Feb 2020 20:59 WIB

Trubus.id -- Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto mengungkapkan bahwa Kemenkes telah menyelesaikan pemeriksaan 104 spesimendari suspect atau orang yang diduga terjangkit virus corona (Covid19).

"Kami sudah menerima dan menyelesaikan pemeriksaan 104 spesimen dan seluruhnya negatif. Kita bersyukur seluruhnya negatif," kata Yuri ketika dalam temu media di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (17/2).

Ia mengatakan bahwa spesimen tersebut berasal dari 39 rumah sakit di 19 provinsi, yang meliputi Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur dengan jumlah spesimen bervariasi.

“Untuk Jambi, Papua Barat, NTB, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku, masing-masing hanya mengirimkan spesimen yang berasal dari satu orang,” tambahnya.

Meski belum ditemukannya satu kasus Covid-19 di Indonesia, Yuri menegaskan bahwa Kementerian Kesehatan terus mewaspadai potensi penyebaran virus corona. Ia juga mengatakan bahwa penambahan kasus baru virus corona ini menunjukan tren penurunan di daratan China.

"Angka di China sejak tanggal 5 Februari setelah kami pelajari kecenderungannya turun. Tapi yang di luar China malah naik, yang kita kenal dengan second wave. Ini yang kami antisipasi betul, " papar Yuri.

Hingga Senin (17/2), Yuri mengatakan, jumlah kasus kematian akibat terinfeksi virus corona di China mencapai 1.775 orang.

Berdasarkan update terbaru Komisi Kesehatan Nasional Provinsi Hubei melaporkan jumlah warga China yang terinfeksi virus corona mencapai 58.182 kasus, sebagian besar berada di Provinsi Hubei, tempat dimana wabah virus corona muncul pada 31 Desember 2019 lalu. Sementara di seluruh dunia, corona telah menginfeksi 71.204 orang.

Editor : System

Berita Terkait

31 Mar 2020
31 Mar 2020
31 Mar 2020

Berita Lainnya