trubus.id
Taiwan Laporkan Korban Meninggal Pertama Akibat Covid19

Taiwan Laporkan Korban Meninggal Pertama Akibat Covid19

Astri Sofyanti - Senin, 17 Feb 2020 14:00 WIB

Trubus.id -- Taiwan melaporkan kasus kematian pertama akibat terinfeksi virus corona (Covid19). Pria berusia 66 tahun ini meninggal dunia usai dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Korban meninggal di salah satu rumah sakit di Taiwan, Sabtu (15/2) kemarin. Diketahui, pria tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan dari atatupun ke luar negeri.

Komisi Kesehatan Nasional China hingga Senin (17/2) melaporkan jumlah korban meningeal akibat virus corona di China mencapai 1.770 orang dan lebih dari 70.000 orang terinfeksi virus corona.

Laporan kematian tersebut merupakan yang ke lima di luar China. Empat korban meninggal lainnya tersebar diberbagai negara seperti Hong Kong, Filipina, Jepang dan Prancis.

"Kasus terakhir ini adalah sopir taksi yang tidak berlisensi. Klien utamanya adalah orang-orang yang pernah ke China, Hong Kong, dan Makau," kata menteri kesehatan dan kesejahteraan, Chen Shih-chung, seperti dilaporkam AFP, Senin (17/2/2020).

Chen mengatakan, pihak berwenang sedang memeriksa daftar klien pengemudi dan riwayat perjalanan mereka, dalam upaya melacak kemungkinan sumber infeksi.

Seorang kerabat laki-laki dari korban berusia 50 tahun kemudian dikonfirmasi tertular covid19, menurut Chen, meskipun dia tidak menunjukkan gejala apa pun. Sementara di Taiwan sendiri, dikonfirmasi terdapat 20 pasien yang positif virus corona.

Sementara di Prancis mengkonfirmasi kasus kematian akibat virus korona pertama di luar Asia pada Sabtu (15/2) lalu. Pengumuman tersebut memicu kekhawatiran global tentang epidemi tersebut.

Lebih 1.000 warga Taiwan masih menunggu dipulangkan dari Provinsi Hubei, yang merupakan lokasi pertama munculnya wabah corona pada 31 Desember 2019 lalu. Taiwan menerbangkan 247 orang dari ibu kota Hubei, Wuhan, dengan pesawat China Eastern Airlines pada 3 Februari. Namun evakuasi itu dilakukan menyebabkan ketidaksepakatan.

Hubungan antarkedua negara memang tak hangat lantaran China masih menganggap Taiwan adalah bagian dari negara itu. Sementara warga Taiwan bersikukuh memiliki pemerintahan sendiri.

Editor : System

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020