trubus.id
Life » Antartika Capai Rekor Suhu Tinggi
Antartika Capai Rekor Suhu Tinggi

Antartika Capai Rekor Suhu Tinggi

Thomas Aquinus - Senin, 17 Feb 2020 09:00 WIB

Trubus.id -- Benua beku baru-baru ini mencatat suhu terhangat hingga saat ini, 65 derajat Fahrenheit. Itu merupakan lompatan dari rekor sebelumnya sekitar 63 derajat Fahrenheit, yang ditetapkan lima tahun lalu pada tahun 2015. Pembacaan didokumentasikan di pangkalan penelitian Argentina Esperanza dan akan segera diverifikasi oleh Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) PBB.

“Semua yang kami lihat sejauh ini mengindikasikan kemungkinan catatan yang sah. Tetapi kami akan, tentu saja, memulai evaluasi formal dari catatan tersebut, begitu kami memiliki data lengkap dari SMN dan tentang kondisi meteorologi yang mengelilingi peristiwa tersebut. Catatan ini tampaknya terkait (dalam jangka pendek) dengan apa yang kita sebut peristiwa 'foehn' regional atas wilayah tersebut: pemanasan udara yang cepat menuruni lereng atau gunung,” menurut Randall Cerveny, pelapor Cuaca dan Iklim WMO.

Baca Lainnya : Ilmuwan Temukan Dataran Terdalam di Bumi yang Tersembunyi di Bawah Es Antartika

Para ilmuwan menyarankan bahwa jika pemanasan global tidak dikendalikan, es dan salju Kutub Selatan akan hancur dan menyebabkan permukaan laut naik secara drastis. Saat ini, Wakil melaporkan bahwa Antartika menghilangkan 127 gigaton massa es setiap tahun, setara dengan sekitar 20.000 Piramida Agung Giza!

Suhu yang lebih hangat di Antartika berdampak pada beberapa penghuni benua yang terkenal. Frida Bengtsson, bagian dari ekspedisi Greenpeace, mengatakan kepada majalah Time dalam sebuah email, "Kami telah berada di Antartika bulan lalu, mendokumentasikan perubahan dramatis yang dialami bagian dunia ini ketika planet kita menghangat. Pada bulan lalu, kami telah melihat koloni penguin menurun tajam di bawah dampak perubahan iklim di lingkungan yang seharusnya masih asli ini."

Baca Lainnya : Spesies Invasif Siap Mengeksploitasi Perubahan Iklim di Antartika

Daerah-daerah tertentu di benua beku telah menjadi daerah dengan pemanasan tercepat di Bumi. WMO bahkan menyebutkan suhu Antartika telah meningkat hampir 3 derajat Celcius dalam 50 tahun terakhir. Sementara itu, PBB telah menasihati negara-negara bahwa suhu global tidak boleh meningkat lebih dari 2 derajat Celcius.

Situs web WMO lebih lanjut menjelaskan, Antartika mengukur hampir dua kali ukuran Australia dan umumnya mengukur suhu tahunan mulai dari sekitar -10 derajat Celcius di pantai Antartika hingga -60 derajat Celcius di bagian tertinggi interior. Lapisan esnya yang sangat tebal hingga 4,8 kilometer dan mengandung 90% air tawar dunia, cukup untuk menaikkan permukaan laut sekitar 60 meter jika semuanya mencair." [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020