Peneliti Temukan Metode Baru yang Memungkinkan Karang Cepat Merespon Perubahan Iklim

Syahroni - Sabtu, 15 Feb 2020 11:00 WIB

Trubus.id -- Untuk pertama kalinya, tim peneliti biologi genom dan lingkungan laut di New York University Abu Dhabi (NYUAD) dan KAUST (King Abdullah University of Science and Technology) telah menunjukkan bahwa modifikasi epigenetik pada karang pembentuk terumbu dapat ditularkan dari orang tua ke keturunannya.

Penemuan ini yang dilaporkan dalam sebuah studi baru dalam jurnal Nature Climate Change, tidak hanya meningkatkan pemahaman biologis karang, tetapi juga membuka pendekatan baru untuk membendung hilangnya spesies dasar ekosistem laut ini. Temuan ini juga menunjukkan bahwa menghasilkan koloni dan larva karang pra-adaptasi melalui pengkondisian epigenetik akan memungkinkan penciptaan populasi benih yang secara alami dapat mengisi kembali terumbu karang yang sekarat.

Perubahan iklim menyebabkan penurunan signifikan pada terumbu karang di seluruh dunia. Masa hidup karang yang panjang telah menginspirasi kekhawatiran bahwa karang mungkin tidak mampu beradaptasi secara genetis pada waktunya untuk mengatasi laju perubahan iklim yang cepat. Namun, dalam studi berjudul "Intergenerational epigenetic inheritance in reef-building corals (Warisan epigenetik antargenerasi dalam karang pembentuk terumbu)," tim NYU Abu Dhabi dipimpin oleh NYUAD Asisten Profesor Biologi Youssef Idaghdour; Associate Professor Biologi NYUAD John Burt; mantan rekan pascadoktoral NYUAD Emily Howells dan rekan-rekannya dari Universitas Sains dan Teknologi King Abdullah menemukan bahwa spesies karang berbatu Platygyra daedalea, yang biasa disebut sebagai 'otak karang', memiliki kemampuan untuk berpindah ke tanda epigenetik keturunannya yang membantu mereka beradaptasi dengan cepat untuk perubahan lingkungan yang merugikan.

Epigenetika memungkinkan modifikasi "konteks" genom tanpa mengubah kode genetik yang sebenarnya. Alih-alih, ia mengubah cara penggunaannya — seperti kapan, dan sampai tingkat apa, gen akan dihidupkan atau dimatikan.

Para peneliti mengumpulkan fragmen koloni dari batu karang dari dua lingkungan laut yang berbeda (Abu Dhabi dan Fujairah) dan mengambil sampel karang dewasa, sperma, dan larva dari persilangan timbal balik. Profil epigenetik karang ditentukan oleh sekuensing genom utuh. Mereka mengidentifikasi tanda tangan lingkungan yang kuat dalam epigenom karang, serta faktor epigenetik yang sangat terkait dengan lingkungan panas dan garam yang ekstrem dan menyoroti efek potensial mereka pada kebugaran karang.

"Apa yang kami temukan adalah sejumlah potensi mengejutkan bagi karang jantan dan betina untuk mentransmisikan epigenom mereka kepada keturunan mereka," kata Idaghdour.

"Penelitian ini menunjukkan kapasitas induk karang untuk memberikan dampak positif terhadap ketahanan anak-anak mereka di lingkungan yang berubah terlalu cepat. Pembelajaran kami dalam bidang yang menarik ini memiliki potensi besar untuk pelestarian ekosistem unik ini untuk generasi mendatang."

"Perubahan iklim merupakan ancaman paling mendesak bagi terumbu karang secara global, dengan sebagian besar penelitian memperkirakan hilangnya karang secara luas dalam abad mendatang. Mengingat waktu generasi karang yang panjang, secara umum telah diterima bahwa laju perubahan iklim yang cepat melebihi kapasitas bagi karang untuk beradaptasi secara genetik untuk mengatasi kenaikan suhu, "kata Burt.

"Studi ini menunjukkan bahwa perubahan epigenetik yang meningkatkan toleransi termal dapat ditularkan kepada keturunannya, secara dramatis meningkatkan kapasitas karang untuk merespons perubahan lingkungan dengan cepat." tandasnya seperti dikutip dari artikel yang disediakan NYUAD. [RN]