trubus.id
Ketangguhan Ikan Goby Mampu Membuatnya Menaklukkan Perairan Dunia

Ketangguhan Ikan Goby Mampu Membuatnya Menaklukkan Perairan Dunia

Syahroni - Kamis, 13 Feb 2020 22:00 WIB

Trubus.id -- Round goby, salah satu ikan air tawar invasif yang paling umum di dunia, memiliki sistem kekebalan yang sangat kuat, yang bisa menjadi salah satu alasan untuk kemampuan beradaptasi yang sangat baik. Ini adalah hasil penelitian genom oleh tim ahli biologi internasional, yang dikoordinasikan di University of Basel dan diterbitkan dalam jurnal BMC Biology.

Dengan tubuh gempal, berbintik, mata besar dan mulut besar, ikan round goby (Neogobius melanostomus) mungkin bukan makhluk air yang paling menarik, tetapi merupakan salah satu spesies ikan invasif yang paling sukses. Dalam beberapa tahun, itu telah menyebar dengan cepat di seluruh dunia. 

Biasanya diperkenalkan melalui air di pemberat dari kapal, ikan itu kini telah menjadi spesies yang dominan dalam hal jumlah di berbagai perairan tawar dan asin. Kemampuannya untuk beradaptasi dengan lingkungan baru tampaknya terkait dengan sistem kekebalannya, seperti yang dilaporkan para peneliti berdasarkan analisis genom mereka.

Gen peradangan hingga 30 kali lebih banyak

Untuk analisis ini, para peneliti membaca dan mengumpulkan fragmen genom yang sangat panjang dari ikan round goby yang berasal dari Basel. Karena panjangnya, fragmen-fragmen ini menghasilkan genom yang sangat lengkap, yang digunakan untuk menganalisis keluarga gen yang dianggap berkaitan dengan kemampuan ikan untuk berurusan dengan lingkungan baru. Di sini, para peneliti menggambarkan ekspansi dalam enzim spesifik yang dikenal sebagai sitokrom P450.

Lebih lanjut, para ahli zoologi menemukan bahwa semua gen yang digunakan dalam respon imun inflamasi terdapat pada ikan — dan, dalam beberapa kasus, hingga 30 kali lebih banyak daripada spesies yang sebanding. Ini mungkin membantu ikan rounf goby untuk berurusan dengan patogen, sehingga mendukung keberhasilan kolonisasi perairan di seluruh dunia. 

Tetapi masih ada satu aspek yang membuat para ahli bingung: meskipun ikan round goby juga ditemukan di air yang sangat tercemar — di pelabuhan, misalnya — mereka tidak berbeda dari spesies lain dalam hal detoksifikasi.

Air lebih dingin daripada di habitat aslinya

Selain itu, para peneliti menemukan dasar genetik yang memungkinkan ikan round goby tidak hanya memproduksi tetapi juga mengakumulasi osmolytes — zat yang mempengaruhi keadaan osmotik. Ini membantu ikan tidak hanya berurusan dengan fluktuasi salinitas tetapi juga dengan pengeringan dan dingin. Ini juga bisa menjelaskan mengapa ikan round goby juga ditemukan di Laut Baltik — yaitu, dalam suhu air jauh di bawah habitat aslinya. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

25 Feb 2020
25 Feb 2020
25 Feb 2020

Baca Juga

Berita Lainnya