trubus.id
Apakah Jus Buah 'Sama Buruknya' dengan Minuman Manis? Ini Faktanya

Apakah Jus Buah 'Sama Buruknya' dengan Minuman Manis? Ini Faktanya

Thomas Aquinus - Kamis, 13 Feb 2020 08:00 WIB

Trubus.id -- Jus buah adalah cara yang bagus untuk memulai hari. Mereka mendetoksifikasi tubuh dan diperkaya dengan vitamin yang baik daripada minuman lain dengan tambahan gula. Jus buah umumnya dianggap sehat dan jauh lebih baik daripada soda bergula. Namun, beberapa orang mengatakan bahwa jus tidak sehat seperti yang diyakini. Bahwa jus sama buruknya dengan soda.

Apa itu soda?

Minuman bersoda biasanya mengandung air berkarbonasi, pemanis, dan penyedap buatan. Mereka juga mengandung kafein, pewarna, pengawet, dan/ atau bahan-bahan lain yang membuat soda tidak sehat. Soda tidak memiliki nilai gizi sama sekali, karena mengandung tinggi gula dan kalori, yang mengarah pada obesitas, diabetes, ketidakseimbangan gula darah, dll. Juga, gula yang berlebihan mungkin memiliki efek merusak pada tubuh.

Baca Lainnya : Diet Detoks Hanya dengan Minum Jus Buah, Amankah?

Bagaimana jus buah sama buruknya dengan soda?

Buahnya sehat dan jus buah adalah cara yang nyaman untuk meminum nutrisi, jadi apa yang salah dengan dosis jus buah harian? Sayangnya, sebagian besar jus buah, organik dan lainnya, membanjiri tubuh dengan gula sebanyak soda. Membuat jus buah utuh menjadi cairan membutuhkan banyak pemrosesan. Segelas jus, tidak secara nutrisi setara dengan buah utuh. Mari kita bahas lebih lanjut bagaimana jus buah dan soda serupa dan berbahaya bagi tubuh:

Keduanya memiliki kandungan gula yang tinggi

Jus buah dianggap seburuk soda karena kandungan gulanya. Baik soda dan jus buah 100% mengandung 110 kalori dan 20-26 gram gula per 240 ml. Menurut berbagai penelitian, minuman manis dikaitkan dengan risiko penyakit yang lebih tinggi, seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Soda dan jus dikelompokkan bersama karena kandungan gulanya, namun mereka tidak memengaruhi dengan cara yang sama. Hanya 100% jus buah yang masih memiliki manfaat nutrisi daripada jus yang dimaniskan dengan gula.

Baca Lainnya : Konsumsi Jus Buah, Perempuan Ini Alami Kerusakan Otak

Keduanya dapat menyebabkan penambahan berat badan

Konsumsi soda dan jus buah dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan karena kaya akan kalori, namun rendah serat, nutrisi yang membantu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang. Meminum kalori daripada memakannya dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Itu karena kebanyakan orang tidak mengimbangi kalori cair dengan makan lebih sedikit kalori dari makanan lain. Karena itu, kelebihan kalori menambah berat badan.

Manfaat kesehatan dari jus buah 

Ketika membandingkan jus buah dan soda, jus mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi penting yang biasanya tidak dimiliki oleh soda. Namun, untuk mendapatkan manfaat jus, buat jus buahmu sendiri. Blender buah dan air dengan kulitnya, kecuali pisang. Tambahkan kayu manis, pala, dan gula bebas kalori jika diperlukan. Jus buah mengandung senyawa tanaman bermanfaat, seperti karotenoid, polifenol, dan flavonoid, yang membantu menetralkan radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit. Manfaat kesehatan termasuk peningkatan kekebalan dan fungsi otak, tekanan darah dan kadar kolesterol.

Jadi, jus buah dan soda serupa namun berbeda dalam beberapa aspek. Ketika dikonsumsi dalam jumlah besar, keduanya meningkatkan risiko obesitas dan penyakit. Keduanya kekurangan serat dan merupakan sumber gula, namun, ketika dikonsumsi dalam jumlah kecil jus buah tetap menjadi pemenang karena mengandung sebagian besar vitamin dan mineral. [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020