trubus.id
Keajaiban Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh

Keajaiban Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh

Thomas Aquinus - Rabu, 12 Feb 2020 09:00 WIB

Trubus.id -- Untuk waktu yang lama, lemak mendapat reputasi buruk dan dianggap sebagai penyebab penyumbatan arteri dan kegemukan. Namun sama seperti adanya karbohidrat baik dan karbohidrat buruk, ada juga lemak baik dan buruk. Ada alasan mengapa lemak diklasifikasikan sebagai makronutrien dan hampir setiap sel dalam tubuh kita membutuhkan lemak untuk berfungsi dengan cara yang benar. 

Otak kita sebagian besar terdiri dari lemak, hormon-hormon dibuat dari lemak, vitamin-vitamin kunci tertentu seperti A, D, E, K diserap oleh tubuh dengan adanya lemak, jadi mengejar diet bebas lemak dapat benar-benar berbahaya bagi kesehatan kita - langsung dari kesehatan kulit dan rambut, proses penuaan, ketidakseimbangan hormon, kurangnya rasa kenyang saat makan, energi dan banyak lagi. Di antara semua jenis lemak, ada satu khususnya yang sangat bergizi serta bernilai terapeutik. Yaitu asam lemak omega 3 (FA). Ada tiga macam Omega 3 FA - ALA, EPA dan DHA. Sementara ALA sebagian besar berasal dari tanaman, kacang-kacangan dan biji-bijian, DHA dan EPA berasal dari ikan berlemak.

Baca Lainnya : Minyak Ikan Omega-3 Sama Efektifnya Seperti Obat ADHD untuk Anak-anak

Kesehatan otak

Otak hampir 60 persen terdiri dari lemak dan setengahnya terdiri dari jenis Omega 3. Nutrisi ini digunakan untuk membangun sel-sel otak dan saraf, dan bertanggung jawab untuk memori kognitif dan fungsi otak secara keseluruhan. Ini juga membantu menjaga peradangan otak dengan demikian menjadi salah satu nutrisi yang diperlukan dalam mengelola dan mencegah kasus Parkinson, Alzheimer, autisme, ADHD, cerebral palsy. Kekurangan nutrisi ini terkait dengan gangguan belajar, depresi dan memori buruk dan bahkan dikaitkan dengan depresi dan kasus kecemasan. Ini juga digunakan dalam kasus skizofrenia dan gangguan mental lainnya karena merupakan nutrisi untuk otak dan sistem saraf. Omega 3 memiliki potensi untuk melindungi kerusakan saraf dan membantu mereka beregenerasi.

Masalah jantung

Omega 3 berperan besar dalam menyembuhkan jantung dan sistem kardiovaskular kita. Ini membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), menurunkan LDL dan trigliserida (kolesterol jahat) dan membantu mengurangi kemungkinan stroke jantung dan peradangan di jantung. Ini membantu memperbaiki lapisan endotel dinding arteri yang rusak karena berbagai faktor gaya hidup, terutama merokok.

Peradangan

Peradangan kronis dapat menyebabkan hampir semua penyakit yang dikenal saat ini, mulai dari obesitas hingga kanker. Omega 3 memainkan peran penting dalam menenangkan respons peradangan dan stres oksidatif tubuh.

Keseimbangan hormon

Diet yang kekurangan lemak dapat merusak kesehatan hormon kita. Karena itu, semua diet yang meminta kamu menjadi bebas lemak dapat berbahaya bagi kesehatan hormonal karena mereka tidak adanya nutrisi kunci yang membantu memproduksi hormon.

Mata, kulit, dan rambut

Omega 3, khususnya DHA, membantu membentuk komponen struktural retina di mata kita dan karenanya kekurangannya dapat memengaruhi penglihatan dan mungkin menyebabkan degenerasi makula dan masalah gangguan penglihatan lainnya. Ini juga bertanggung jawab untuk kulit yang sehat dan memberikan penampilan yang lembut, lembab, kenyal, bebas kerut. Ini bekerja sebagai tabir surya alami karena melindungi kulit dari kerusakan karena paparan yang berlebihan.

Kesehatan dan energi sel

Omega 3 sangat penting dalam hal kesehatan dan energi seluler. Inilah yang membentuk membran sel dan defisitnya dapat memengaruhi fungsi keseluruhan sel. Adapun tingkat energi, bahkan penurunan satu persen dalam Omega 3 dalam tubuh dapat menyebabkan kelelahan dan tingkat energi yang rendah terus menerus.

SUMBER

Omega 3 dapat diperoleh dari sumber vegetarian maupun non-vegetarian, namun sumber utamanya adalah ikan berlemak seperti salmon, tuna, trout, mackerel, sarden dan herring. Dalam makanan nabati, sebagian besar ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji rami, biji chia, kenari, biji rami. Alga laut juga menyediakan Omega 3, terutama DHA dan itulah cara ikan mendapatkannya juga. Ada juga pilihan Omega 3 berkualitas baik atau suplemen minyak ikan jika sumber makanan tidak mencukupi. 

Minyak yang kaya akan Omega 3 seperti biji rami tidak cocok untuk memasak dengan panas tinggi karena sangat peka terhadap paparan panas. Mereka paling baik dikonsumsi mentah. [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020