trubus.id
Life » Tips Mengurangi Garam dalam Diet Sehari-hari
Tips Mengurangi Garam dalam Diet Sehari-hari

Tips Mengurangi Garam dalam Diet Sehari-hari

Hernawan Nugroho - Minggu, 09 Feb 2020 16:00 WIB

Trubus.id -- Selalu disarankan untuk menggunakan lebih sedikit garam dalam makanan. Nasihat ini untuk pasien tekanan darah tinggi, dan semua orang. Apa yang tidak disadari adalah bahwa jika makan lebih banyak garam, maka kita mengundang banyak penyakit serius semacam itu. Garam berkontribusi pada perendaman air dalam tubuh, yang memberi beban lebih besar pada jantung dan pembuluh darah.

Tidak hanya itu, konsumsi garam tinggi dapat meningkatkan risiko kanker usus, penyakit ginjal, batu ginjal, sakit kepala dan pembengkakan dan penambahan berat badan dalam tubuh. Mulailah makan lebih sedikit garam dalam makanan kamu hari ini. Dengan bantuan tip-tip khusus ini, akan mudah bagi kamu untuk mengurangi penggunaan garam.

1. Baca label

Pertama dan terutama, kamu harus membaca label makanan secara teratur. Ketika membeli makanan olahan seperti keripik atau makanan ringan lainnya, baca nilai gizi pada label. Disarankan untuk menjaga konsumsi garam di bawah 2.300 mg atau kurang dalam sehari. Carilah 'tanpa garam tambahan' yang berarti tidak ada garam yang ditambahkan selama pemrosesan, tetapi produk tersebut tidak harus bebas garam.

Baca Lainnya : Sertakan 6 Makanan Ini Dalam Dietmu untuk Umur yang Lebih Panjang

2. Gunakan rempah-rempah

Gunakan bumbu secukupnya. Selalu simpan serpihan cabai dan bubuk lada hitam di atas meja. Tambahkan ke dalam makanan untuk menambah rasa. Jika resep membutuhkan sejumput garam, gantilah dengan bubuk bawang, bubuk bawang putih, lada hitam, pala, jintan, bubuk kari, jahe, ketumbar, daun salam, atau mustard kering.

3. Gunakan garam herba

Kamu dapat membelinya dari pasar atau membuatnya sendiri. Herba seperti ketumbar, peterseli, mint, dan basil dapat digunakan untuk menyiapkannya. Gomasio adalah garam wijen khusus. Untuk membuatnya, campur 1 bagian garam dengan 5 bagian biji wijen panggang yang ditumbuk. Orang Jepang menggunakan gomasio dalam makanan mereka untuk mengurangi penggunaan garam. Mereka juga menggunakan lebih banyak jahe dalam makanan mereka.

Baca Lainnya : Rahasia Awet Muda? Sertakan 4 Makanan Ini dalam Dietmu

4. Masak sendiri

Makanan kaleng sering mengandung terlalu banyak garam karena garam adalah pengawet. Mempersiapkan makanan sendiri adalah cara terbaik untuk mengontrol jumlah natrium dalam makanan.

5. Hindari makanan kemasan

Kamu juga harus membeli daging, buah-buahan, dan sayuran segar. Pantau asupan garam dengan menghindari makanan kemasan dan olahan seperti daging kalengan, unggas, kacang, persik, dll.

Editor : System

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020