trubus.id
Ternyata Tempura Khas Jepang Merupakan Hidangan Asal Portugis

Ternyata Tempura Khas Jepang Merupakan Hidangan Asal Portugis

Hernawan Nugroho - Minggu, 09 Feb 2020 13:00 WIB

Trubus.id -- Gorengan yang banyak dinikmati orang adalah tempura atau gorengan khas Jepang. Berbagai bahan bisa dijadikan tempura, seperti udang, ayam, hingga sayur-sayuran seperti wortel, terung, atau buncis.

Kalau selama ini kita mengenal tempura sebagai gorengan atau makanan khas Jepang, ternyata tempura pertama kali tidak diciptakan oleh penduduk Jepang. Tempura yang saat ini terkenal sebagai makanan khas Jepang ternyata awalnya diperkenalkan oleh warga Portugis yang ada di Jepang.

Sejarah tempura atau makanan yang digoreng dengan balutan adonan tepung di Jepang bermula pada 1543. Saat itu, sebuah kapal dari Tiongkok membawa tiga orang pelaut Portugis, yaitu Antonio da Mota, Francisco Zeimoto, dan Antonio Peixoto.

Baca Lainnya : Laku Keras, Mesin Penjual Otomatis di Jepang yang Jual Serangga untuk Dimakan 

Kapal itu terdampar di Pulau Tanegashima, Jepang, dari rute awal menuju Makau. Ketiga Pelaut Portugis ini adalah orang Eropa pertama yang berada di Jepang dan dianggap sebagai penjajah.

Namun, akhirnya penduduk Jepang mulai berdagang dengan tiga orang Portugis ini. Barang-barang yang kebanyakan diperdagangkan saat itu adalah senjata karena Jepang sedang menghadapi perang. Namun, barang yang dijual tidak hanya senjata saja. Ada juga barang lainnya seperti sabun, wol, hingga resep.

Orang Portugis berada di Jepang sampai 1639, sebelum akhirnya pemerintah Jepang tidak membolehkan mereka tinggal di Jepang lagi karena Portugis dianggap sebagai ancaman.

Walaupun orang-orang Portugis harus meninggalkan Jepang, tapi mereka meninggalkan sebuah resep yang sampai saat ini digunakan oleh masyarakat Jepang.

Editor : System

Berita Terkait

25 Feb 2020
25 Feb 2020
25 Feb 2020

Baca Juga

Berita Lainnya