trubus.id
Wajahnya Imut! Tapi Siapa Sangka, Lebih Ganas dari Singa dan Buaya

Wajahnya Imut! Tapi Siapa Sangka, Lebih Ganas dari Singa dan Buaya

Hernawan Nugroho - Sabtu, 08 Feb 2020 12:00 WIB

Trubus.id --  Kalau ditanya hewan apa yang paling berani atau ganas, mungkin teman-teman akan menjawab singa, harimau, buaya, atau beruang. Hewan-hewan itu memang berani dan ganas. Tak heran kalau banyak orang yang takut, apalagi badannya besar dan tampilannya juga menyeramkan.

Namun, tahukah Trubus Mania? Keberanian tidak selalu diukur dengan badan besar dan muka garang. Contohnya hewan ini.

Hewan ini juga tak kalah berani dan ganas. Padahal bentuk tubuhnya tidak besar atau kekar. Fisiknya juga tidak seram, malah berbulu menggemaskan!

Hewan yang dimaksud sebenarnya punya ukuran yang bahkan tidak sampai satu meter (dari hidung sampai ekor) dengan berat sekitar 10 kg. Namanya adalah honey badger.

Honey badger (Mellivora capensis) atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai luwak madu ini adalah hewan yang berasal dari Afrika, bagian Barat Daya Asia, dan beberapa daerah di India.

Baca Lainnya : KTT Satwa Liar Pertimbangkan Larangan Global Terhadap Perdagangan Antelope Saiga

Meski dinamai honey badger, mamalia ini tidak banyak memiliki kesamaan anatomis dengan badger atau musang lainnya. Malahan, secara anatomis mereka lebih mirip dengan beruang.

Honey badger yang disebut juga ratel, adalah hewan karnivora dan merupakan predator alami. Kulitnya tebal dan kemampuan defensif hewan ini ganas.

(foto: nature)

Hal ini juga yang membuat honey badger dianggap sebagai hewan paling berani di dunia. Mereka tidak takut untuk menghadapi segala musuh, bahkan yang punya tubuh jauh lebih besar dari mereka. Saking agresifnya, hewan ini diketahui bisa membunuh ular berbisa atau bahkan mengusir singa.

Baca Lainnya : Perburuan Ilegal Ancam Keanekaragaman Hayati dan Satwa Liar Angola

Ia juga punya cara yang sangat mengerikan untuk menjatuhkan mangsa yang lebih besar, yaitu dengan cara menyerang pembuluh darah besar di tubuh.

Mangsa mungkin bisa kabur, tapi pada akhirnya akan mati karena kehabisan darah. Honey badger juga punya indra penciuman yang luar biasa sehingga bisa mengikuti jejak sampai menemukan jasad mangsa tersebut

Editor : System

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020