trubus.id
Pulau Padar, Surga Tersembunyi Bagi Para Tracker

Pulau Padar, Surga Tersembunyi Bagi Para Tracker

Hernawan Nugroho - Sabtu, 01 Feb 2020 12:00 WIB

Trubus.id -- Letak Pulau Padar cenderung lebih dekat dengan Pulau Rinca jika dibandingkan dengan jarak ke Pulau Komodo dan dipisahkan oleh Selat Lintah.

Pulau Padar juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Gili Motang. Meskipun berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, namun Pulau Padar tidak ada komodo yang menghuni pulau ini lantaran rantai makanan yang terputus.

Daya tarik terbaik di Pulau Padar adalah pemandangannya yang menakjubkan. Ada banyak bukit tinggi di sini. Karena alasan itulah, lebih banyak orang datang ke pulau ini untuk hiking. Meski membutuhkan banyak energi, kelelahan setelah hiking akan terbayar lunas begitu tiba di atas bukit.

Baca Lainnya : Ini Alasan Pelancong Tidak Boleh Review Bohong di Situs Penyedia Fasilitas Wisata

Dari puncak perbukitan, Anda bisa melihat langit yang cerah, pantai, dan tempat-tempat wisata lainnya. Atmosfernya mengagumkan. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berfoto, bersantai, atau bahkan melukis.

Pulau Padar memiliki bukit yang lebih tinggi daripada pulau-pulau terdekat. Tidak mengherankan kalau Pulau ini lebih populer di kalangan tracker. Banyak wisatawan dari berbagai negara mengunjungi pulau ini untuk sekedar menjajal keperkasaan fisik mereka. Kebanyakan dari mereka ingin mengambil foto selfie di puncak perbukitan.

Tracking atau hiking adalah aktivitas yang paling populer di Pulau Padar. Untuk bisa mencapai puncak tertinggi bukit padar, Anda harus mendaki sekitar 45 menit sampai satu jam. Disarankan membawa tongkat hiking untuk membantu Anda mempertahankan keseimbangan saat tracking, terutama untuk pemula.

Bukit-bukitnya memiliki kontur yang curam, sehingga dibutuhkan banyak energi dan waktu untuk mencapai puncak. Saat ini sudah ada tangga kayu disediakan bagi para tracker sehingga memudahkan untuk bisa mencapai puncak Pulau Padar.

Jika Anda ingin berkunjung, Pulau Padar dapat ditempuh selama sekitar 2 jam menggunakan speed boat dari Pelabuhan Labuan Bajo. Hamparan bukit yang tandus terlihat di sisi kanan dan kiri, lautan biru menjadi hiasan di depannya.

Baca Lainnya : Memukau, 3 Destinasi Wisata Alam di Bengkulu  

Jangan lupa persiapkan air minum, karena perjalanan ke atas bukit cukup melelahkan. Selain karena terjal, sengatan matahari juga sangat terasa. Puluhan anak tangga menunggu di awal pendakian, tapi tak perlu khawatir, karena setiba di lokasi maka pemandangan indah pantai dengan pasir putih langsung menjadi obat lelah di pertama perjalanan.

Selain panorama dari puncak bukit, Pulau Padar menawarkan panorama bawah laut. Perairan yang ditumbuhi banyak terumbu karang dengan ikan-ikan yang hidup di terumbu karang menyajikan panorama bawah laut yang indah. Jika beruntung, di titik-titik tertentu Anda bisa menjumpai ikan pari raksasa yang disebut pari manta dan juga paus serta lumba-lumba.

Editor : System

Berita Terkait

25 Feb 2020
25 Feb 2020
25 Feb 2020

Baca Juga

Berita Lainnya