trubus.id
Kemenkes Tegaskan Virus Corona Belum Masuk Indonesia

Kemenkes Tegaskan Virus Corona Belum Masuk Indonesia

Astri Sofyanti - Jumat, 31 Jan 2020 19:00 WIB

Trubus.id -- Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menegaskan sampai virus corona belum masuk ke Indonesia. Kepala Subdirektorat Penyakit Infeksi Emerging dari Direktorat Surveilans dan Karantina Kementerian Kesehatan Endang Budi Hastuti menyampaikan bahwa tidak ada kasus positif novel coronavirus (2019-nCov) di Indonesia.

“Saat ini ada 19 orang yang masuk pengawasan medis, sembilan orang diantaranya sudah diperiksa dan diketahui hasilnya, sementara 10 orang lainnya masih dalam proses pemeriksaan dan menunggu hasil. Sejauh ini belum ada kasus novel coronavirus di Indonesia,” kata Endang dalam konferensi pers Penanggulangan Bencana di Graha BNPB, Pramuka, Jakarta Timur, Jumat (31/1).

Dari 19 orang yang dalam tahap pengawasan ini karena memiliki gejala mirip dengan penyakit yang disebabkan oleh virus corona seperti demam, batuk dan sesak napas. Dari jumlah tersebut sembilan orang di antaranya merupakan Warga Negara Asing (WNA) dan 10 lainnya Warga Negara Indonesia (WNI).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono lewat keterangan resminya mengungkapkan, kriteria orang yang dalam pemantauan atau "people under observation" terkait virus corona adalah memiliki gejala demam, batuk, dan sesak napas dengan riwayat perjalanan ke Wuhan, riwayat kontak dengan penderita, atau menjadi bagian dari kegiatan yang berada di China dan memakan makanan tertentu yang berkaitan dengan virus tersebut.

Terdapat 34 orang diberbagai wilayah Indonesia diduga memiliki gejala mirip seperti penyakit yang disebabkan oleh 2019-nCov, namun hanya 16 orang yang dilakukan pemeriksaan laboratorium di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan.

Anung menampik kecurigaan yang menyebut Indonesia belum juga ada kasus positif virus corona, sementara negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura pun sudah melaporkan kasus tersebut.

Berdasarkan laporan resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Novel Corona Virus telah membunuh 213 orang, hampir 10.000 orang diduga terjangkit, Sementara sebanyak 102.000 orang lainnya berada di bawah pengamawasan medis.

Editor : System

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020