trubus.id
Kemenkes: Indonesia Siap Menghadapi Masuknya Virus Corona

Kemenkes: Indonesia Siap Menghadapi Masuknya Virus Corona

Astri Sofyanti - Jumat, 31 Jan 2020 16:58 WIB

Trubus.id -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa Indonesia siap menghadapi masuknya virus corona yang mewabah di China, khususnya Kota Wuhan Provinsi Hubei. Sejak mewabahnya virus corona di China beberapa waktu terakhir, pemerintah Indonesia melalui lintas kementerian telah melakukan respon dini terhadap masalah tersebut.

“Indonesia siap menghadapi masuknya virus corona,” demikian dikatakan Kepala Subdirektorat Penyakit Infeksi Emerging dari Direktorat Surveilans dan Karantina Kementerian Kesehatan Endang Budi Hastuti dalam konferensi pers Penanggulangan Bencana di Graha BNPB, Pramuka, Jakarta Timur, Jumat (31/1).

Dengan adanya peningkatan kasus corona di berbagai negara, Endang mengaku Indonesia masih perlu meningkatkan kesiapan untuk menghadapi virus tersebut seperti menambah personel di bandara hingga meningkatkan kesiapsiagaan dan kewasadaan di rumah sakit terhadap virus corona.

Pihaknya mengatakan, terkait evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) sampai saat ini pemerintah masih berdiskusi untuk menetapkan langkah-langkah strategis yang harus dilakukan. Pihaknya mengaku jika wacana evakuasi bagi para WNI di Wuhan masih dalam proses pematangan.

“Berdasarkan aturan, nantinya jika para WNI tiba di Indonesia akan langsung diobservasi untuk memastikan mereka ketika kembali ke daerah asal dalam keadaan sehat,” tambahnya.

Lebih lanjut pihaknya mengungkapkan, idelanya obsevasi tersebut dilakukan selama 14 hari atau selama masa inkubasi. Mengenai tempat dan lokasi observasi para WNI, Endang belum bisa memastikannya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan, bahwa Kementerian Kesehatan telah menyiapkan langkah medis bagi WNI apabila mereka telah sampai di Indonesia

“Kementerian Kesehatan sudah siapkan kontigensinya, termasuk nanti kalau sudah sampai Indonesia. Kalau udah sampai disini saya sudah siapkan semua langkah-langkahnya,” tegas Menkes.

Menurutnya, kondisi seluruh WNI Wuhan saat ini dalam kondisi sehat, belum ada yang terkonfirmasi positif nCoV. Tetap terjaganya kondisi kesehatan mereka di tengah kepungan virus corona tak lepas dari kesehatan dan ketahanan imun mereka yang baik, sehingga mampu mencegah terjangkit virus corona.

Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan jumlah orang yang positif terjangkit virus corona semakin bertambah, kini totalnya nyaris mencapai 10 ribu orang dan telah membunuh 213 orang per Jumat (31/1).

Virus ini menyebar ke berbagai ke seluruh wilayah China dan berbagai negara lainnya seperti Kanada, Amerika Serikat, Prancis, Sri Lanka, Thailand, Taiwan, Vietnam, Korea Selatan, Nepal, Singapura, Australia, Malaysia, Jepang, Kamboja, Jerman, Finlandia hingga Uni Emirat Arab.

Editor : System

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020