trubus.id
Sudah Ada Titik Cerah bagi Evakuasi 243 WNI di Kota Wuhan, China

Sudah Ada Titik Cerah bagi Evakuasi 243 WNI di Kota Wuhan, China

Astri Sofyanti - Jumat, 31 Jan 2020 10:00 WIB

Trubus.id -- Pemerintah menyebutkan telah ada titik terang untuk evakuasi 243 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China terkait mewabahnya virus corona di Kota tersebut. Titik terang ini didapat setelah melalui proses diplomasi yang dilakukan Kementerian Luar Negeri.

"Pemerintah sudah dalam posisi untuk masuk, untuk melakukan evakuasi," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema ”Antisipasi Penyebaran Corona” di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta, Kamis (30/1).  
 
Diakuinya, saat ini pemerintah telah memulai persiapan evakuasi dengan cara mendata setiap WNI yang berada di sana dengan bantuan dari para mahasiswa yang berada di sana. Kemudian setelah data valid yang dapat dipertanggungjawabkan, pemerintah akan segera melakukan tindakan evakuasi.

"Saat ini pemutakhiran data memerlukan waktu, agar tidak ada WNI yang tertinggal di sana," tambah Faizasyah.

Menjelaskan mekanisme pemulangan WNI yang dilakukan pemerintah, Faizasyah mengatakan, pertama WNI dikumpulkan di titik yang ada di Kota Wuhan. Kemudian, mereka dievakuasi terlebih dahulu ke provinsi lain, di Tiongkok. Lalu, dilakukan pemeriksaan karantina selama beberapa waktu sebelum akhirnya dipulangkan ke tanah air.
 
"Belum tahu provinsi di mana, tetapi akan ditempatkan terlebih dahulu di sana," bebernya.

Terkait dengan moda transportasi udara untuk memulangkan WNI, pemerintah masih mempertimbangkan partisipasi maskapai swasta dalam berkontribusi memulangkan para WNI di sana.

Sedangkan untuk bantuan dari TNI, sudah disiapkan sebanyak dua helikopter untuk membantu evakuasi para WNI.
        
"Pemerintah membuka diri bagi maskapai swasta yang ingin membantu pemerintah memulangkan para WNI di Wuhan," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan ada beberapa virus corona yang diketahui beredar pada hewan dan belum ditularkan ke manusia. Wabah corona dimulai di Kota Wuhan, sebuah kota di Provinsi Hubei dengan penduduk 11 juta orang.

Virus ini menyebar ke berbagai ke seluruh wilayah China dan berbagai negara lainnya seperti Kanada, Amerika Serikat, Prancis, Sri Lanka, Thailand, Taiwan, Vietnam, Korea Selatan, Nepal, Singapura, Australia, Malaysia, Jepang, Kamboja, Jerman, Finlandia hingga Uni Emirat Arab.

Wabah virus corona tersebut telah menewaskan 213 orang di China dan menginfeksi nyaris mencapai 10.000 orang.

Editor : System

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020