trubus.id
Pemerintah Belum Putuskan Evakuasi WNI yang Berada di Wuhan, China

Pemerintah Belum Putuskan Evakuasi WNI yang Berada di Wuhan, China

Astri Sofyanti - Kamis, 30 Jan 2020 18:00 WIB

Trubus.id -- Pemerintah hingga saat ini masih terus mematangkan persiapan untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China akibat mewabahnya virus corona sejak akhir tahun 2019 lalu. Wabah virus corona tersebut telah menewaskan 170 orang di China dan menginfeksi lebih dari 6.000 orang.

Sejumlah menteri di Kabinet Kerja menggelar rapat di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensegneg), Kamis (30/1). Rapat tersebut digelar utamanya membahas kondisi WNI yang berada di Kota Wuhan, China. Terkait mewabahnya virus corona di Wuhan, sampai saat ini pemerintah belum menyepakati upaya evakuasi terhadap para WNI.

Persiapan dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri bekerjasama dengan kementerian dan lembaga terkait, agar evakuasi bisa dilakukan dengan cepat dan tepat, sembari menunggu izin dari otoritas China.

Baca Lainnya : BNPB: Pemerintah Lakukan Gerak Cepat Antisipasi Mewabahnya Virus Corona

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wushnutama usai menghadiri rapat mengatakan bahwa pemerintah sevepatnya akan mengambil keputusan terkait evakuasi para WNI di Kota Wuhan.

"Secepatnya (mendapatkan keputusan). Mudah-mudahan hari ini," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama kepada wartawan usai rapat.

Selain menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menteri lain yang mengikuti rapat tersebut diantaranya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo serta beberapa pejabat dari lembaga-lembaga terkait seperti Kementerian Kesehatan.

"Tadi kami berdiskusi panjang lebar bagaimana langkah-langkah selanjutnya dan kami akan melanjutkan diskusi ini. Kami lebih memikirkan bagaimana kita menanggulangi masalah ini. Jadi ini belum selesai rapatnya," tambah Wishnutama.

Baca Lainnya : Ilmuwan Asal Australia Berhasil Kembangkan Virus Corona

Sementara itu, Menlu Retno Marsudi yang memimpin rapat tersebut enggan memberikan komentar. Hal ini lantaran dirinya masih akan melaporkan hasil rapat perencanaan langkah strategis itu kepada Presiden.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa evakuasi WNI dari wilayah karantina tidak bisa serta merta dilakukan karena perlu aba-aba dari pemerintah China.

Proses evakuasi akan menunggu instruksi dari Kemenkopolhukam dan Kemlu karena sejauh ini pemerintah China melarang transportasi udara dari dan ke luar wilayah Wuhan.

Kota Wuhan, China sendiri merupakan tempat awal penyebaran corona pada akhir Desember 2019 lalu. Seiring berjalannya waktu, virus ini menyebar ke berbagai ke seluruh wilayah China dan berbagai negara lainnya seperti Kanada, Amerika Serikat, Prancis, Sri Lanka, Thailand, Taiwan, Vietnam, Korea Selatan, Nepal, Singapura, Australia, Malaysia, Jepang, Kamboja, Jerman, Finlandia hingga Uni Emirat Arab. [NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020