trubus.id
Life » Amerika Ternyata Penghasil Kurma Dunia, Ini Dia Se...
Amerika Ternyata Penghasil Kurma Dunia, Ini Dia Sejarahnya?

Amerika Ternyata Penghasil Kurma Dunia, Ini Dia Sejarahnya?

Hernawan Nugroho - Senin, 27 Jan 2020 23:00 WIB

Trubus.id -- Selama ini buah kurma identik dengan negara Timur Tengah. Hal tersebut karena di Timur Tengah merupakan daerah yang cocok untuk ditumbuhi pohon kurma. Namun ternyata, kurma tidak hanya dibudidayakan di Timur Tengah saja. Di Amerika Serikat pun ada kebun kurma yang luas. Bahkan menghasilkan kurma yang bisa diekspor ke negara lainnya.

Awal kedatangan kurma di Amerika Serikat adalah awal abad ke-20. Pada 1927, bibit kurma pertama kali ditanam di Amerika Serikat. Bibit itu didatangkan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat dari Bou Dib Oasis di Maroko. Saat itu, Departemen Pertanian Amerika Serikat hanya mendatangkan 11 batang bibit kurma saja.

Jenis kurma yang ditanam itu adalah kurma medjool. Kurma itu juga dikenal dengan nama kurma majul, medgol, atau mejhool. Bibit kurma medjool itu pun ditanam di beberapa negara bagian Amerika Serikat yang ada di wilayah barat, yaitu California, Arizona, dan Nevada.

Baca Lainnya : Di Pekanbaru, Pohon Kurma Sukses Ditanam di Lahan Gambut

Wilayah barat Amerika Serikat memang memiliki daerah yang bergurun dan beriklim padang pasir. Mirip seperti yang ada di Timur Tengah, bukan? Tanah di sana kering dan memiliki kandungan mineral dan garam yang tinggi. Karenanya, cocok untuk ditanami bibit pohon kurma.

Berawal dari penanaman bibit kurma awal tahun 1900-an, sekarang Amerika Serikat menghasilkan banyak kurma medjool. Pohon kurma medjool juga indah. Daun-daunnya membentuk kanopi yang rapat dan padat. Ditambah lagi, buahnya besar, dagingnya tebal, dan rasanya enak. Kurma medjool pun dikenal dengan julukan “King of date palm” atau “Rajanya Kurma”.

Kurma (Foto: nature)

Amerika Serikat bisa menghasilkan banyak kurma karena pada 1990-an, pemerintahnya membuat perkebunan kurma yang luas di Coachella Valley, California. Di Arizona dan Nevada juga dibuat perkebunan kurma yang luas. Selain kurma medjool, di perkebunan kurma Amerika Serikat ada juga kurma deglet nour, barhee, halawi, zahidi, dan jenis kurma lainnya.

Seperti di Timur Tengah, bulan Ramadan menjadi saat yang sibuk bagi produsen kurma karena permintaan yang semakin banyak. Menurut World Atlas, saat ini penghasil kurma terbesar adalah Mesir. Kurma dari Mesir sendiri paling banyak diimpor ke Maroko, Indonesia, dan Malaysia.

Baca Lainnya : Makan 2 Kurma Setiap Hari Selama Sepekan, Ini yang Akan Anda Rasakan

Kemudian, negara berikutnya yang paling banyak menghasilkan kurma dalam satu tahun adalah Iran, Arab Saudi, Irak, Pakistan, Uni Emirat Arab, Algeria, Sudan, Sudan Selatan, dan Oman. Amerika Serikat sendiri menduduki peringkat ke-17 sebagai negara penghasil kurma. [NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020