trubus.id
Gaya Hidup Sehat Selama Jam Kantor Bukan Mustahil, Simak 3 Kiatnya

Gaya Hidup Sehat Selama Jam Kantor Bukan Mustahil, Simak 3 Kiatnya

Thomas Aquinus - Jumat, 24 Jan 2020 08:00 WIB

Trubus.id -- Kesehatan pasti terkait dengan kesuksesan seseorang, baik secara pribadi maupun profesional. Tetapi bekerja sepanjang waktu mungkin membuat sulit untuk mempertahankan diet yang tepat dan tetap sehat. Karena tekanan kerja, orang hampir tidak punya waktu untuk berolahraga, yang mengarah ke penambahan berat badan, kalori yang tidak diinginkan, dan beberapa masalah kesehatan yang serius. 

Yang lebih buruk, untuk mengatasi stres semacam itu, beberapa orang mungkin memakan junk food saat di kantor. Menurut para ahli kesehatan, menemukan keseimbangan yang tepat adalah kunci untuk tetap sehat di dunia yang serba cepat ini. “Hindari minuman soda dan makanan kaya karbohidrat dan pilih opsi yang lebih sehat seperti kacang-kacangan dan buah-buahan. Minumlah banyak air,” kata Tarun Sahni, konsultan senior di rumah sakit yang berbasis di Delhi, India.

Ahli diet Karuna Chaturvedi menyarankan bahwa jika jam kerja kamu termasuk duduk di meja, maka harus menghindari makanan olahan atau junk food dengan cara apa pun. “Kalori sangat penting untuk menjaga tubuh yang sehat, tetapi harus sesuai dengan rutinitas sehari-hari seseorang. Para profesional yang bekerja harus menambahkan lebih banyak salad dan buah-buahan ke dalam makanan mereka,” katanya. 

Baca Lainnya : Naik Turun Tangga di Kantor, Apakah Termasuk Olahraga?

Untuk mempertahankan gaya hidup sehat selama jam kantor, Chaturvedi mengatakan, “Tingkatkan asupan air Anda, tetapi makanlah dalam jumlah yang lebih kecil dalam celah. Jangan pernah mengonsumsi lebih dari jumlah yang dibutuhkan dalam sekali jalan. Lakukan peregangan ringan dan berjalan-jalan saat istirahat kantor. Seluruh proses ini akan lebih bermanfaat jika seseorang mengikuti pola latihan tertentu setiap minggu atau setiap hari sebelum kantor. "

Dalam wawancara dengan Times of India, menurut Payal Sharma, ahli diet senior dan konsultan ahli gizi, mengikuti diet tertentu baik-baik saja tetapi alih-alih berfokus pada 'jenis diet', seseorang harus fokus pada 'jadwal diet' sesuai kebutuhan tubuh, terutama jika pekerjaan mereka membutuhkan mereka duduk untuk waktu yang lama dan bekerja. Dia berkata, "Biarkan tubuh Anda membimbing Anda, periksa BMI Anda (indeks massa tubuh) dan putuskan apakah Anda mengikuti diet tertentu," Sharma menjelaskan. "Makanlah buah-buahan musiman tanpa ragu-ragu tentang kuantitasnya, karena semakin banyak 'makanan hidup' yang Anda makan, semakin Anda merasa hidup."

Baca Lainnya : Sering Merasa Ngantuk di Kantor? Begini Cara Selai Kacang Membantumu Tetap Fokus

Jika Trubus Mania tidak berolahraga atau mempertahankan gaya hidup sehat yang baik, mungkin ada banyak efek negatif pada tubuh seperti peningkatan kadar kolesterol dan melahirkan masalah jantung dan tekanan darah. 

Lakukan peregangan di meja kerja 

Stretching (Foto: Life Hack)

“Duduk yang lama berbahaya bagi kesehatan Anda. Tetapi, jika pekerjaan Anda seperti itu, disarankan agar Anda bangun dua atau tiga kali dalam beberapa jam dan berjalan-jalan kecil. Atau, jika waktu terbatas, lakukan peregangan karena membantu dengan aliran darah dalam tubuh,” kata Sahni. Dia juga menambahkan bahwa duduk selama berjam-jam dapat meningkatkan risiko obesitas bersama dengan banyak penyakit lain yang berhubungan dengan gaya hidup.

Pilih opsi snack sehat 

“Kalori sangat penting untuk menjaga tubuh yang sehat, tetapi harus sesuai dengan rutinitas sehari-hari seseorang. Para profesional yang bekerja harus menambahkan lebih banyak salad dan buah ke dalam makanan mereka,” kata Chaturvedi. Pilihan yang sehat adalah salad stoples dengan banyak sayuran dan saus sehat seperti hummus.

Jus dan smoothies Hijau untuk di kantor 

Green smoothies (Foto: Tofros)​​​​​​​

“Hindari minuman soda dan makanan berkarbohidrat dan pilih opsi yang lebih sehat seperti kacang-kacangan dan buah-buahan. Minumlah banyak air,” kata Sahni. Mengonsumsi smoothie hijau dan jus sehat adalah alternatif dari soda dan minuman seperti kopi dan teh. [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020