trubus.id
37°C Bukan Lagi Suhu Tubuh Normal Manusia, Lalu Berapa?

37°C Bukan Lagi Suhu Tubuh Normal Manusia, Lalu Berapa?

Thomas Aquinus - Selasa, 21 Jan 2020 08:00 WIB

Trubus.id -- Saat kita mulai merasa sakit, kita menggunakan termometer untuk mengukur suhu tubuh. Bahkan ketika kita pergi ke dokter, hal pertama yang mereka lakukan adalah mencatat suhu tubuh untuk melihat apakah tubuh kita berfungsi secara normal. Sejauh yang kita ketahui, 37,6 derajat Fahrenheit (37°C) dianggap sebagai suhu rata-rata tubuh manusia, tetapi sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa ada sedikit penurunan jumlah pada abad yang lalu.

Sejak abad ke-19, suhu tubuh normal berarti 37,6 derajat Fahrenheit (37°C). Jumlah ini diberikan oleh dokter Jerman Carl Reinhold August Wunderlich, setelah memeriksa jutaan tafsiran yang diambil dari 25.000 pasien Jerman. Kemudian para dokter AS dan Eropa mengulangi percobaan yang sama dan hasilnya sama. Setelah itu, hasil tersebut diterima secara universal sebagai suhu tubuh manusia normal.

Baca Lainnya : 4 Jenis Yoghurt dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Namun, sesuai penelitian baru yang dilakukan oleh para peneliti di Stanford University, suhu tubuh normal manusia turun 0,03 derajat Celcius dan 0,29 derajat Celcius per dekade, untuk pria dan wanita masing-masing. Ini berarti suhu tubuh normal pria saat ini 0,59 derajat Celcius lebih rendah daripada pria yang lahir di awal abad ke-19 dan bagi wanita, suhu tubuh turun 0,32 derajat Celcius dari tahun 1890-an hingga saat ini.

Julie Parsonnet, profesor kedokteran di universitas dan timnya menganalisis 677.000 bacaan suhu, dikumpulkan dari 190.000 orang, antara 1862 dan 2017 sebelum sampai pada kesimpulan ini. Sesuai para peneliti, penurunan suhu mungkin dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti perubahan tinggi, berat badan, kebiasaan gaya hidup dan ketersediaan fasilitas medis yang lebih baik.

Baca Lainnya : Makin Tinggi Suhu Laut, Makin Tinggi Paparan Merkuri pada Seafood

Terlepas dari ini, Parsonnet juga berkontribusi pada pengembangan pengobatan untuk penyakit menular seperti TBC, sifilis, penyakit periodontal, disentri, peradangan umum, di balik perubahan suhu tubuh normal. Namun, para peneliti tidak menyarankan memperbarui standar untuk semua individu.

Kebenaran tentang kisaran normal suhu tubuh

Suhu tubuh tidak sama untuk semua dan bervariasi berdasarkan jenis kelamin, usia dan faktor lainnya. Untuk orang dewasa pada umumnya, suhu tubuh bisa antara  36,1°C hingga 37°C. Untuk bayi dan anak-anak, jumlahnya bervariasi dari  36,6°C hingga 38°C. Selain itu, suhu tubuh kita tidak tetap sama sepanjang hari, bahkan bervariasi sepanjang hidup kita. Beberapa hal yang dapat menyebabkan perubahan suhu di siang hari adalah:

  • Tingkat aktivitas fisik
  • Waktu dalam hari
  • Apa yang Anda makan atau harus minum
  • Untuk wanita, itu berubah bahkan ketika mereka sedang menstruasi

Selain itu, suhunya bahkan bervariasi berdasarkan ukuran - dahi, ketiak, mulut. Bacaan suhu yang diambil dari bawah lengan dan mulut menunjukkan angka yang berbeda. Ketika seseorang mengalami demam, suhu tubuh lebih tinggi dari kisaran normal. [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

22 Feb 2020
22 Feb 2020
21 Feb 2020

Baca Juga

Berita Lainnya