trubus.id
7 Makanan Berkolagen yang Bisa Membuat Kulit Awet Muda

7 Makanan Berkolagen yang Bisa Membuat Kulit Awet Muda

Thomas Aquinus - Selasa, 21 Jan 2020 06:20 WIB

Trubus.id -- Kolagen adalah protein paling melimpah di tubuh kita. Di antara manfaatnya adalah memperbaiki kulit kita, memperkuat kuku dan membuat rambut berkilau. Alih-alih suplemen gizi, lihat tujuh penguat kolagen alami ini untuk kulit yang tampak lebih muda, seperti yang disusun oleh Reader's Digest.

1. Protein tanpa lemak

Untuk lebih banyak kolagen, disarankan untuk meningkatkan konsumsi protein. Protein tanpa lemak seperti dada ayam, kalkun, atau babi bekerja dengan baik. "Protein yang kita makan dipecah menjadi asam amino selama pencernaan, yang kemudian disusun kembali menjadi kolagen," jelas Libby Mills, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

2. Kacang polong

Kacang polong (Foto: First Cry Parenting) 

Sebenarnya, sayuran bukanlah sumber protein terbesar, tetapi kacang-kacangan seperti kacang polong termasuk di dalamnya. Satu cangkir menyajikan hampir 8 gram protein, yang menjadikannya bahan sehat yang dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh. Kacang polong bisa dimakan sebagai hiasan atau salad, sup atau pesto.

3. Wortel

Semuanya sumber makanan berwarna oranye seharusnya sehat, dan wortel terutama merupakan sumber kolagen yang baik. “Kami ingin kolagen dibuat untuk direproduksi persis sebagaimana mestinya, dan vitamin A berperan dalam hal itu,” komentar Mills. Misalnya, camilan sayuran mentah atau mengolahnya menjadi salad sehat atau hummus lezat.

4. Daging sapi

Sumber protein lain yang berlimpah adalah daging sapi. "Membeli daging yang memiliki potongan yang sedikit lebih keras akan memberi Anda sedikit lebih banyak kolagen alami dalam makanan," kata Marisa Moore, ahli gizi ahli gizi terdaftar.

5. Sayuran hijau

Bayam, kangkung, sawi hijau dan chard Swiss adalah penguat nyata dari kolagen, vitamin A dan C, serta seng. Memadukan sayuran hijau dengan salad segar adalah pilihan yang bagus.

6. Chickpeas/ kacang arab

Kacang arab (Foto: IndiaMart) 

Chickpeas alias kacang arab mengandung protein tinggi, vitamin A dan C, seng, serta tiamin yang “merupakan vitamin yang sangat penting untuk produksi kolagen karena membantu memecah protein,” menurut Mills. Terdiri dari vitamin B, camilan sehat baik untuk revitalisasi kulit dan penyembuhan luka. Nikmati sebagai hummus yang lezat.

7. Kaldu tulang

Kaldu tulang adalah salah satu pemasok protein dan kolagen alami terbaik. Apakah tulang dan tulang rawannya berasal dari ayam atau sapi, pastikan untuk menggunakan sendi buku jari atau lutut. [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020