trubus.id
Tidak Perlu Dikupas, Kulit dari Bahan Makanan dan Buah Ini Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh

Tidak Perlu Dikupas, Kulit dari Bahan Makanan dan Buah Ini Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh

Hernawan Nugroho - Minggu, 19 Jan 2020 14:05 WIB

Trubus.id -- Apel, kentang, dan mentimun, meski kelihatannya jadi bersih kalau dikupas, ternyata tidak semua jenis buah dan sayur perlu dikupas.

Beberapa jenis bahan makanan justru lebih baik apabila tidak dikupas untuk mendapatkan serat dan nutrisi dari bahan makanan yang bermanfaat bagi tubuh. Kulit berwarna dari beberapa buah dan sayuran sebenarnya merupakan konsentrasi terbanyak dari vitamin, mineral, dan antioksidan.

Nah, berikut ini 5 jenis buah dan sayuran yang sebaiknya tidak dikupas saat akan dikonsumsi atau diolah.

Baca Lainnya : Coba di 2020, 5 Sayuran Berdaun Hijau Paling Sehat di Planet Bumi

Namun demikian, buah dan sayur berikut perlu dicuci bersih di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan pestisida yang mungkin ada dan menempel di sana, ya! 

1. Apel

Mengupas kulit buah apel tidak akan menghilangkan kandungan vitamin C. Namun, kita bisa rugi karena akan kehilangan pektin. Pektin adalah serat larut yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan gula darah. Pektin juga lebih lambat dicerna sehingga perut lebih awet kenyang.

2. Wortel

Wortel kaya akan polyacetylenes. Zat tersebut sedang diteliti karena dinilai berpotensi membunuh sel kanker dalam uji coba di laboratorium. Polyacetylenes juga memiliki kandungan antijamur, antibakteri, serta antiperadangan. Polyacetylenes hanya terdapat di bawah kulit wortel, karenanya sebaiknya konsumsi wortel tanpa dikupas atau cukup dikupas tipis-tipis saja.

3. Kentang

Kentang yang tidak dikupas memiliki lebih banyak serat, zat besi, serta folat, dibandingkan kentang yang telah dikupas kulitnya. Jenis kentang yang berwarna ungu bahkan memiliki lebih banyak antioksidan di kulitnya.

4. Mentimun

Kandungan di dalam mentimun sebagian besar terdiri dari air. Nah, kalau dibandingkan dengan mentimun yang dikupas, yang tidak dikupas memiliki lebih banyak kalsium, magnesium, fosfor, potasium, vitamin A, dan vitamin K. Selain itu, sebagian besar kandungan serat dalam mentimun berasal dari kulitnya.

Baca Lainnya : Adakah Perbedaan Memotong dan Merobek Sayuran Bagi Kesehatan? Ini Faktanya

5. Terung

Kulit terung atau terong mengandung antioksidan yang disebut nasunin. Dalam penelitian, disebutkan bahwa antioksidan tersebut penting untuk menjaga kesehatan jaringan otak.

Editor : System

Berita Terkait

06 April 2020
06 April 2020
05 April 2020

Baca Juga

Berita Lainnya