trubus.id
Memakai Masker Bolak-balik dan Lebih dari 8 Jam Malah Berbahaya untuk Kesehatan

Memakai Masker Bolak-balik dan Lebih dari 8 Jam Malah Berbahaya untuk Kesehatan

Hernawan Nugroho - Minggu, 19 Jan 2020 11:00 WIB

Trubus.id -- Untuk melindungi diri dari polusi udara, banyak orang menggunakan masker. Yap, masker memang bisa melindungi saluran pernapasan kita dari polusi. Beberapa penyakit bisa timbul dikarenakan oleh adanya polusi.

Saat ini, banyak masker sekali pakai yang dijual bebas di toko-toko, apotek, atau swalayan. Sayangnya, penggunaan masker yang baik dan benar masih belum banyak diketahui atau masih biasa diabaikan.

Padahal, meski menggunakan masker tapi jika penggunaannya salah, tidak akan mendapatkan manfaat. Justru sebaliknya, kita bisa terserang oleh polusi yang tadinya ingin kita hindari atau minimalisir.

Nah, sebenarnya apa saja, sih, kesalahan umum yang biasa dilakukan pengguna masker sekali pakai dan risikonya?

Baca Lainnya : Masker Melindungi dari Bahaya Polusi Udara, Efektifkah? Simak Penjelasan Ahli

Dipakai Berulang Kali

Mungkin masih banyak yang sering menggunakan masker secara berulang-ulang, meski sebenarnya sudah tahu bahwa masker yang dipakai jenisnya adalah masker sekali pakai.

Beberapa barangkali merasa kalau maskernya masih cukup bersih. Beberapa orang juga berpendapat bahwa masker bisa dipakai bolak-balik.Namun, kenyataannya hal itu tidak benar.

Masker tidak bisa digunakan berkali-kali, apalagi digunakan secara bolak-balik. Kebiasaan-kebiasaan ini tidak baik dan bahkan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Jika kebiasaan tersebut dilakukan, sebenarnya justru akan membuat kuman atau mikroorganisme menumpuk di masker. Ngerinya, kuman yang menumpuk di masker akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh kita. Apalagi kalau kita menggunakannya berganti-ganti secara bolak-balik. Jadi, bisa dibayangkan bahwa kita menggunakan masker tapi bukannya melindungi, justru mempermudah kuman untuk menyerang.

Pemakaian Lebih dari 8 Jam

Baca Lainnya : Bebas Jerawat dan Mulus dengan Masker Wortel

Idealnya, masker tidak digunakan lebih dari 8 jam. Bahkan, masker direkomendasikan untuk digunakan maksimal delapan jam sejak dari pertama kali dikeluarkan dari kemasannya. Soalnya, kalau digunakan lebih lama lagi, fungsi masker sudah menurun.

Dari sisi penyaringan udara yang dipenuhi polusi, maka sudah tidak akan bisa maksimal lagi. Meski pakai masker, tapi sama saja, polusi udara tetap terhirup masuk ke dalam tubuh kita melalui hidung. Jika nekat tetap menggunakan masker selama lebih dari 8 jam, maka bisa terjadi infeksi pada tubuh kita. Sebab, seperti pada penggunaan berulang kali, kuman atau mikroorganisme akan menumpuk di masker yang dipakai lebih dari 8 jam.

Tidak Memakai dengan Benar

Kebiasaan lain seperti memakai masker sekenanya juga sering dilakukan. Penggunaan masker yang baik dan benar memang masih jarang menjadi perhatian. Padahal, masker akan bisa berfungsi dengan baik dan maksimal kalau digunakan dengan cara yang benar.

Nah, jika kamu menggunakan masker sekali pakai, pastikan kamu tidak terbalik menggunakannya. Ikuti instruksi mana yang merupakan lapisan di dalam dan di luar.

Baca Lainnya : Manfaat Masker Beras untuk Kecantikan Wajah

Biasanya yang berada di luar adalah bagian yang berwarna (biasanya hijau, biru, abu-abu, dll) atau kadang juga ada masker yang bermotif. Pastikan juga bagian yang keras atau semacam kawatnya ada di atas, ya. Bagian inilah yang menempel di hidung.

Pastikan kamu merapatkan bagian yang keras ini dan menyesuaikannya agar pas dengan bentuk hidung. Ini perlu dilakukan supaya masker benar-benar menutup arena hidung dan mulut secara rapat dan terhindar dari celah kebocoran.

Editor : System

Berita Terkait

28 Feb 2020
28 Feb 2020
28 Feb 2020

Baca Juga

Berita Lainnya