trubus.id
Sering Sakit Kepala, Perhatikan Gaya Rambutmu

Sering Sakit Kepala, Perhatikan Gaya Rambutmu

Hernawan Nugroho - Sabtu, 18 Jan 2020 11:05 WIB

Trubus.id -- Entah itu berolahraga atau membersihkan rumah, tak ada gaya rambut lain senyaman dan seringkas kuncir kuda klasik yang tinggi. Ini adalah cara termudah untuk mengikat rambut sehingga dapat berkonsentrasi pada pekerjaan dengan benar tanpa terganggu oleh rambut yang terus jatuh di wajah.

Tapi tahukah kamu bahwa mengikat rambut seperti itu dapat menyebabkan sakit kepala yang berdenyut, yang dapat membuatmu lebih sulit untuk fokus pada pekerjaan? Ya ini benar! Bahkan gaya rambut dapat berkontribusi pada sakit kepala dan situasinya dapat bertambah buruk tergantung pada seberapa kuat kamu mengikatnya.

Baca Lainnya : Rambut Rontok Terus? Cermati Beberapa Penyebabnya

Mengapa itu terjadi?

Menarik rambut ke belakang dengan bantuan karet elastis memberi tekanan pada kulit kepala dan menarik folikel rambut, menyebabkan sakit kepala. Folikel rambut memiliki pasokan saraf yang kaya dan ketika ditarik dengan kuat, ia mulai sakit.

Orang yang menderita migrain lebih rentan mengalami sakit kepala dengan gaya rambut ini karena tingkat dasar hipersensitivitas saraf di sekitar wajah dan kulit kepala. Nyeri yang terjadi akibat rangsangan kulit kepala atau kulit yang tidak menyakitkan disebut allodynia kulit. Itu juga bisa dipicu dengan menyisir atau mengikat rambut, mencukur, mandi, memakai kacamata atau anting-anting. Allodynia dapat menyebar ke seluruh kepala dan setiap kontak dengan area itu dapat membuat merasa tidak nyaman, termasuk gaya rambut.

Apa yang harus dilakukan?

Hindari jenis gaya rambut tertentu, yang terlalu menekan kulit kepala. Kuncir ekor kuda yang ketat harus dijauhi. Kamu dapat memilih kuncir longgardi tengkuk. Jika kepala sudah berdenyut, maka jangan ikat rambut. Selama berolahraga, kamu dapat membelah rambut dari samping atau tengah dan membuat rambut dikuncir longgar atau dikepang.

Baca Lainnya : Tak Hanya untuk Kulit, Ini 5 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Rambut

Ponytail yang kencang tidak akan menyebabkan sakit kepala, tetapi lama kelamaan ini bisa menyebabkan rambut rontok di sepanjang garis rambut di atas dahi. Cobalah untuk mengubah gaya rambut dari waktu ke waktu. 

Editor : System

Berita Terkait

28 Feb 2020
28 Feb 2020
27 Feb 2020

Baca Juga

Berita Lainnya