trubus.id
Waspada! Tentakel Ubur-Ubur Bisa Tetap Menyengat Meski Sudah Mati

Waspada! Tentakel Ubur-Ubur Bisa Tetap Menyengat Meski Sudah Mati

Hernawan Nugroho - Sabtu, 18 Jan 2020 09:00 WIB

Trubus.id --  Apakah Trubus Mania pernah melihat ubur-ubur dari dekat? Hewan ini punya tentakel penyengat yang bisa melukai kita. Tentakel penyengat ini sebenarnya digunakan sebagai alat untuk menangkap ikan atau hewan lain yang bisa dimakan. Namun, sengatan ubur-ubur kadang mengenai manusia saat sedang berenang dan berjalan di sekitar pantai.

Baca Lainnya : Hati-hati Telanjang Kaki di Pantai Agar Peristiwa Tragis Ini Tak Terjadi

Ubur-ubur memiliki banyak tentakel di tubuhnya. Satu tentakel ubur-ubur dilengkapi dengan ribuan alat penyengat. Karena itu, sengatan ubur-ubur terasa sangat sakit. Alat penyengat ini bisa melepaskan racun ubur-ubur terus menerus.

Karena itu, kalau kita disengat ubur-ubur, segera beritahu orang dewasa, supaya tentakel yang menempel bisa segera dilepaskan.

Beberapa ubur-ubur suka terdampar di laut. ubur-ubur yang terdampar di laut kemungkinan akan mati kekeringan. Namun, meski sudah mati, tentakel ubur-ubur tetap aktif dan bisa menyengat. Tak hanya itu, tentakel ubur-ubur juga tetap aktif dan bisa menyengat, meski sudah terpisah dari tubuh ubur-ubur.

Saat tersengat ubur-ubur, segera ke darat dan beritahu orang di sekitar kita. Mereka bisa menyiramkan cuka pada bagian tubuh yang disengat ubur-ubur.

Baca Lainnya : Busa Putih Beracun Penuhi Salah Satu Pantai Terkenal di India

Kenapa cuka? Karena cuka adalah asam lemah yang bisa mengurangi rasa terbakar saat tersengat ubur-ubur. Jika ada tentakel yang menempel, kita bisa meminta orangtua untuk mencabutnya menggunakan pinset.Jangan menaruh es di bagian tubuh yang terkena sengatan ubur-ubur. Satu lagi, jangan lupa periksa ke dokter.

Editor : System

Berita Terkait

18 Feb 2020
18 Feb 2020
18 Feb 2020

Baca Juga

Berita Lainnya