trubus.id
Bina Swadaya Gelar Bincang-Bincang Wisma Hijau Sebagai Forum Pemberdayaan dan Pendidikan

Bina Swadaya Gelar Bincang-Bincang Wisma Hijau Sebagai Forum Pemberdayaan dan Pendidikan

Thomas Aquinus - Jumat, 17 Jan 2020 20:30 WIB

Trubus.id -- Sebagai pusat pelatihan pendamping masyarakat, kampus diklat Bina Swadaya atau selama ini lebih dikenal sebagai Wisma Hijau menyelenggarakan Bincang-Bincang Wisma Hijau-Ngobrol Bareng Bambang Ismawan dengan tema 'Kenapa Desa Perlu Direvitalisasi' sebagai forum sharing pemberdayaan dan pendidikan. 

Pendiri Yayasan Bina Swadaya Bambang Ismawan menilai, Bincang-Bincang Wisma Hijau merupakan ajang temu pengalaman yang mempunyai konektivitas dan harus dikelola dengan baik agar berkelanjutan. 

“Ini bagus sekali karena di design untuk memberi kesempatan sharing pengalaman pemberdayaan dan keprihatinan. Lalu pasti akan ketemu (jawaban) dengan pengalaman lainnya”, ujarnya kepada Trubus.id, Jumat (17/1/2020).

Baca Lainnya : Trubus Bina Swadaya Salurkan Ratusan Paket Hygiene Kit kepada Korban Tanah Longsor di Bogor

Bisma panggilan akrab Bambang Ismawan saat sebagai narasumber bercerita, bahwa dulunya sejarah Wisma Hijau adalah lokasi peternakan ayam bagi warga Mekarsari untuk meningkatkan perekonomiannya.

“Hasilnya dipasarkan secara kooperatif selama beberapa tahun dan penghasilan mereka naik antara 400 sampai 500 persen”, ujarnya. 

Selain sempat sebagai pusat peternakan ayam, dikatakan Bisma pada tahun 1999 di Wisma Hijau juga pernah dibentuk paguyuban warga Mekarsari untuk menjawab berbagai permasalahan sosial yang terjadi di wilayah Mekarsari. 

“Dari sekian banyak masalah (saat itu) paling pokok disimpulkan 5 masalah yang semua kita kerjakan. Ini spontanitas dari masyarakat”, ujarnya. 

Baca Lainnya : Bina Swadaya Salurkan Bantuan Korban Banjir Jabodetabek

Forum berkelanjutan

Selain melakukan pendampingan bank sampah kepada warga Mekarsari, Wisma Hijau mulai membuka ruang pendidikan melalui forum Bincang-Bincang Wisma Hijau yang diselenggarakan minggu ke-2 dan ke-4 tiap bulannya.

Suasana bincang-bincang Wisma Hijau. (Foto: Trubus.id/Iman)

“Ini suatu tukar menukar pengalaman, ini juga sebuah pendidikan pada masing-masing karena pengetahuannya bertambah, semua kebutuhan yang hadir bisa terpenuhi dengan pertemuan seperti ini. Suasana hari ini menarik, bahkan warga datang, jadi mereka ikut merasa memiliki Bina Swadaya”, ujarnya.

Mengakhiri forum tersebut, Bambang Ismawan menginginkan sukses pendampingan yang dilakukan oleh Bina Swadaya di berbagai daerah selama ini juga bisa diwujudkan di lingkungan rumahnya sendiri.

 “Sukses dimana-mana, sukses di lingkungannya sendiri”, pungkasnya. [NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

25 Feb 2020
25 Feb 2020
25 Feb 2020

Baca Juga

Berita Lainnya