trubus.id
Rambut Jagung Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Rambut Jagung Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Hernawan Nugroho - Rabu, 15 Jan 2020 23:00 WIB

Trubus.id -- Rambut jagung sering dianggap sampah karena dianggap tidak ada kegunaannya. Namun, siapa sangka jika ada banyak manfaat dari rambut jagung.

Hebatnya lagi rambut jagung merupakan salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit mematikan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rambut jagung memiliki banyak manfaat untuk mengaktifkan kesehatan tubuh. Rambut jagung tidak hanya dinikmati saat masih segar, tetapi bisa diolah menjadi teh dan bisa bertahan lama.

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah manfaat dari rambut jagung untuk kesehatan.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Rambut jagung memiliki banyak nutrisi yang bisa mengurangi tekanan darah secara bertahap. Mengonsumsi rambut jagung dengan menjadikannya teh adalah salah satu cara yang paling mudah. Dengan konsumsi rambut jagung sebagai minuman herbal, maka tekanan darah tinggi bisa disembuhkan.

Baca Lainnya : Tanpa Pemanis, Minum Jus Ini Bisa Atasi Masalah Tekanan Darah dan Turunkan Kolesterol

2. Menurunkan Gula Darah

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Internasional Makromolekul Biologis, menemukan nutrisi dari rambut jagung dapat menurunkan gula darah. Selain itu, nutrisi pada rambut jagung juga dapat mencegah dan mengobati penyakit diabetes.

3. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Rambut jagung juga bisa digunakan untuk mencegah infeksi pada saluran kemih. Memanfaatkan rambut jagung untuk mencegah infeksi saluran kemih bisa dilakukan dengan cara diseduh dan diminum rutin setiap pagi. Menurut penelitian, cara ini dapat membantu menghindari masalah saluran kemih.  Itu karena nutrisi dalam rambut jagung mampu menyelamatkan dan membunuh bakteri penyebab infeksi.

4. Mencegah Gagal Ginjal

Gagal ginjal terjadi karena kurang minum dan kelebihan zat kapur dalam tubuh. Rambut jagung mampu mengatasi dan mencegah gagal ginjal, karena nutrisi dalam rambut jagung mampu melancarkan urin dalam tubuh.

Baca Lainnya : Hipertensi Bisa Sebabkan Gagal Ginjal Kronis

5. Mengurangi Rasa Sakit

Rambut jagung bisa mengurangi rasa sakit pada persendian yang diakibatkan peradangan. Rambut jagung memiliki sifat anti-inflamasi dan alkali yang mampu mengobati rasa sakit di persendian. Selain itu, jika dikonsumsi secara rutin, rambut jagung juga bisa mengurangi tingkat keasaman pada tubuh dan mengatasi masalah retensi cairan.

Editor : System

Berita Terkait

28 Jan 2020
28 Jan 2020
28 Jan 2020

Baca Juga

Berita Lainnya