trubus.id
Suasana Hati yang Baik Dapat Memengaruhi Efektivitas Vaksin Flu?

Suasana Hati yang Baik Dapat Memengaruhi Efektivitas Vaksin Flu?

Syahroni - Rabu, 15 Jan 2020 15:00 WIB

Trubus.id -- Influenza membunuh antara 290.000 dan 650.000 orang setiap tahun, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. Dan pandemi besar ini mampu menyebabkan jutaan kematian di seluruh dunia, seperti wabah flu Spanyol tahun 1918, yang bertanggung jawab atas sekitar 30 hingga 50 juta kematian di seluruh dunia.

Vaksin yang ada untuk flu itu efektif, tetapi tidak sempurna. Mereka mengandalkan antibodi untuk melawan infeksi, tetapi mereka hanya menargetkan karakteristik permukaan, yang tidak menghentikan virus untuk beradaptasi dan bermutasi - sehingga strain yang lebih licik berkembang, menciptakan kebutuhan untuk terus-menerus membuat dan mengelola vaksin yang ditingkatkan. Tetapi para peneliti sedang mengerjakan vaksin flu universal sebagai solusi yang memungkinkan.

Ingin menghindari flu yang ditakuti tahun ini? Masuk akal untuk mendapatkan suntikan flu, dan jika ingin memastikan itu efektif, pastikanlah kamu tersenyum saat mendapat suntikan. Dalam sebuah studi baru, para peneliti di University of Nottingham menemukan bahwa suasana hati yang positif memiliki dampak besar pada efektivitas flu - bahkan lebih daripada diet, tidur, dan olahraga.

Para ahli kesehatan memperkirakan bahwa vaksin flu hanya efektif pada 17 hingga 53 persen kasus pada orang dewasa yang lebih tua dibandingkan dengan efektivitas 70 hingga 90 persen untuk pasien yang lebih muda. Jadi para peneliti melihat faktor-faktor yang dapat memengaruhi efektivitas vaksin flu pada pasien yang lebih tua.

Untuk penelitian, tim melacak suasana hati, diet, olahraga, dan pola tidur tiga kali sehari untuk 138 orang dewasa yang lebih tua (usia 65 hingga 85) selama enam minggu sebelum mendapatkan suntikan flu. Setelah peserta divaksinasi, para peneliti mengukur jumlah antibodi influenza yang mereka hasilkan pada empat dan 16 minggu dari tanggal injeksi. Hasil studi diterbitkan dalam jurnal Brain, Behavior, and Immunity.

Para peneliti tidak menemukan hubungan antara salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan fisik dan psikologis seseorang dan efektivitas suntikan flu kecuali satu, suasana hati yang positif. Secara keseluruhan, peserta yang melaporkan suasana hati yang baik selama periode enam minggu sebelum vaksinasi memiliki tingkat antibodi yang lebih tinggi dalam darah mereka setelah vaksinasi. Efeknya bahkan lebih jelas bagi mereka yang melaporkan suasana hati yang baik pada hari injeksi - faktor itu meningkatkan kadar antibodi hingga 8 hingga 14 persen.

Tentu saja, sulit untuk menentukan penyebab dalam penelitian seperti ini. Apakah suasana hati yang positif memengaruhi respons kekebalan atau apakah mereka yang memiliki sistem kekebalan yang kuat lebih cenderung berada dalam suasana hati yang baik? Bagian itu tidak jelas. Kemungkinan ada sejumlah faktor yang memengaruhi efektivitas suntikan flu. Tetapi mungkin saja kamu dapat meningkatkan efektivitasnya dengan memastikan bahwa kamu memiliki sikap yang baik pada hari mendapatkan vaksinasi. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

23 Sep 2020
07 Sep 2020
31 Agu 2020