trubus.id
Kucing Berkomunikasi Lewat Ekornya, Begini Kira-kira Terjemahannya

Kucing Berkomunikasi Lewat Ekornya, Begini Kira-kira Terjemahannya

Thomas Aquinus - Selasa, 14 Jan 2020 07:00 WIB

Trubus.id -- Kucing berkomunikasi dengan berbagai cara. Dengkur mereka dapat memiliki arti yang berbeda, tetapi kucing juga berkomunikasi dengan bahasa tubuh.

Misalnya, posisi telinga adalah indikator yang baik tentang bagaimana perasaan seekor kucing. Telinga ke atas berarti kucing dalam keadaan waspada atau bahagia, sedangkan telinga ke belakang atau rata berarti menjauhi karena dia jengkel atau ketakutan.

Tapi salah satu cara terbaik untuk mengetahui suasana hati teman kucingmu adalah dengan melihat ekornya. Lihatlah di bawah ini untuk mempelajari semua kisah yang bisa diceritakan ekor kucing.

Baca Lainnya : 5 Jenis Kucing yang Cocok Dipelihara di Apartemen

Cara menerjemahkan bahasa ekor kucing

1. Tegak lurus di udara

Ekor lurus ke atas (Foto: Pinterest) 

Saat seekor kucing mengangkat ekornya tinggi-tinggi di udara, dia mengekspresikan rasa percaya diri, kegembiraan, atau kepuasan. Kucing akan sering menyapa pemiliknya dengan ekor mereka lurus di udara, yang merupakan cara kucing untuk mengatakan dia senang melihat kamu.

2. Melengkung seperti tanda tanya

Ekor yang tegak dengan lekukan di ujungnya yang menyerupai lekukan gembala atau tanda tanya menunjukkan keramahan atau kelucuan. Kucing memberi tahu bahwa ini saat yang tepat untuk elusan kepala atau bermain dengan mainan favorit.

Baca Lainnya : Kucing Paling Terkenal di Dunia Maya Dibuatkan Patungnya di Tempat Favoritnya

3. Ekor rendah

Ketika kucing menjaga ekornya tetap rendah, ini sering berarti mereka tidak yakin dengan situasi dan bisa menjadi agresif. Namun, beberapa ras, seperti Persia dan Scottish Folds, cenderung membawa ekornya rendah bahkan ketika mereka sedang dalam suasana hati yang menyenangkan.

4. Mengibaskan ekor

Ekor yang bergerak perlahan dari satu sisi ke sisi lain adalah hal yang biasa terjadi ketika kucing fokus pada objek tertentu, seperti serangga atau mainan. Kamu akan sering melihat gerakan ini tepat sebelum kucing menerkam.

Baca Lainnya : Inilah 7 Ras Kucing Paling Cerdas di Dunia

5. Menjentikkan ekor

Ekor yang bergerak cepat yang mencambuk maju dan mundur atau menampar tanah berarti kucing jengkel atau takut dan kemungkinan akan menunjukkan agresi.

6. Ekor mengembang

Ekor kucing mengembang (Foto: iHeartCats) 

Ketika ekor kucing menjadi runcing atau mengembang, berarti hewan itu ketakutan dan berusaha tampil lebih besar untuk mengusir sesuatu yang dianggapnya sebagai ancaman.

Baca Lainnya : Meski Kita Anggap Wangi, Ternyata Bebauan Ini Tidak Disukai Kucing

7. Ekor terselip

Ekor yang terselip di bawah tubuh menunjukkan rasa takut, ketidakpastian atau ketundukan dan berarti sesuatu di lingkungan kucing membuatnya gelisah.

8. Melilit tuan atau hewan lain

Ekor kucing melingkar (Foto: Reddit) 

Jika anak kucing melilitkan ekornya di sekitarmu atau hewan peliharaan lain di rumah, ini sama dengan menempatkan lengan di sekitar orang yang dicintai dan menunjukkan persahabatan.

9. Menggoyang atau menggetarkan ekor

Ketika kucing menahan ekornya lurus di udara dan menggoyang-goyangkannya dengan cepat, ini biasanya berarti mereka bersemangat atau mengantisipasi sesuatu yang baik. Banyak pemilik kucing melaporkan bahwa hewan peliharaan mereka melakukan ini sebelum diberi makan atau menerima hadiah. [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

03 Juli 2020
02 Juli 2020
01 Juli 2020