trubus.id
Berkumur dengan Air Garam Adalah Cara Paling Efektif Mengatasi Radang Tenggorokan

Berkumur dengan Air Garam Adalah Cara Paling Efektif Mengatasi Radang Tenggorokan

Thomas Aquinus - Minggu, 12 Jan 2020 21:00 WIB

Trubus.id -- Apa yang kamu lakukan ketika mengalami gejala pilek pertama? Untuk menghentikan rasa gatal dan iritasi di tenggorokan, sebagian besar orang mencari obat rumahan atau obat-obatan yang dijual bebas. Tetapi daripada mengambil begitu banyak upaya, ada hal sederhana dan lebih alami yang dapat kamu lakukan untuk bantuan segera, berkumur dengan air garam yang efektif.

Kamu mungkin telah membaca tentang ragam manfaat berkumur dengan air garam, tetapi tetap saja, ini adalah salah satu pengobatan rumahan yang paling diremehkan untuk mengobati sakit tenggorokan dan peradangan. Pada kenyataannya, ia menawarkan banyak manfaat kesehatan dan aman.

Mengapa ini berhasil?

Kumur air garam adalah obat kuno, tetapi ilmu pengetahuan juga mengamini keefektifannya. Berkumur dengan air garam akan menciptakan efek osmosis karena garam mengambil cairan dari tenggorokan. Ini memecah lendir, menghilangkan iritasi seperti alergen, bakteri dan jamur, karenanya membersihkan tenggorokan. Ini juga menghilangkan patogen berbahaya dari gusi dan mencegah pertumbuhannya.

Baca Lainnya : Tren Minum Air Garam untuk Kesehatan, Ini Kata Para Ahli

Manfaat berkumur air garam

Ada banyak manfaat kesehatan berkumur dengan air garam. Beberapa dari mereka adalah:

  • Obat alami ini membantu meredakan sakit tenggorokan, radang, masuk angin, dan infeksi sinus.
  • Rasa sakit akibat pendarahan gusi juga bisa dikurangi dengan menggunakan ramuan ini secara teratur.
  • Berkumur dengan air garam menetralkan asam di mulut dan menjaga keseimbangan pH, yang membantu mencegah radang gusi.
  • Ini juga melindungi dari penyebaran infeksi jamur di mulut dan tenggorokan.

Baca Lainnya : 5 Cara Mudah untuk Mengurangi Asupan Garam Anda

Cara berkumur dengan air garam

Tambahkan seperempat sendok teh garam dapur ke dalam segelas air hangat dan aduk rata. Ambil seteguk besar air garam ke dalam mulut, miringkan kepala dan kumur selama 30 detik, lalu desir air di sekitar mulut dan ludahkan. Ulangi proses yang sama 5-7 kali. Jika menderita sakit tenggorokan, berkumurlah dengan air garam setidaknya 2 kali sehari.

Pastikan air tidak terlalu panas, karena dapat membakar mulut. Air harus sedikit hangat sehingga kamu dapat dengan mudah berkumur dengannya. Juga, jangan menambahkan terlalu banyak garam ke dalam air. Kelebihan garam akan membuat jaringan mulut dan tenggorokan kering. [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

03 Juli 2020
02 Juli 2020
01 Juli 2020