trubus.id
Peristiwa » Mentan dan Mendag Sepakat Implementasi Satu Data
Mentan dan Mendag Sepakat Implementasi Satu Data

Mentan dan Mendag Sepakat Implementasi Satu Data

Astri Sofyanti - Kamis, 09 Jan 2020 19:00 WIB

Trubus.id -- Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyambangi Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Kamis (9/1). Kunjungannya ke kantor Kemendag ini sebagai salah satu kolaborasi dua instansi pemerintahan untuk menentukan kebijakan ketahanan pangan.

“Hari ini saya datang untuk membangun kedekatan emosional ke Menteri Perdagangan, agar Kementerian Pertanian bisa satu langkah, satu jalan dan satu bahasa dengan Menteri Perdagangan. Intinya kami mengharapkan sebuah support Menteri Perdagangan sepenuhnya agar kita bisa melipatgandakan perdagangan di bidang pertanian khususnya ekspor,” kata Mentan Syahrul di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Kamis (9/1).

Pada pertemuan tersebut, Mentan Syahrul juga berharap agar produksi petani menjadi lebih baik dan mampu menghasilkan produk-produk pertanian yang berkualitas.

Selain itu, Mentan juga menekankan saat ini single data Kementerian Pertanian sama dengan data BPN dan BPS. Diakuinya, data BPS akan menjadi rujukan utama baik untuk Presiden Joko Widodo ataupun kementerian atau lembaga terkait lainnya.

“Memang betul, perbedaan data akan menyesatkan arah. Oleh karena itu, single data itu sudah kita miliki sekarang, dan ini menjadi pegangan bersama Menteri Perdagangan,” tambah Syahrul.

Hal senada diungkapkan Mendag Agus, dirinya menekankan bahwa saat ini single data yang telah satu pintu dalam mengambil keputusan perdagangan khususnya sektor strategis seperti pangan.

“Kalau mengenai data saat ini kuta sudah satu pintu, jadi tidak ada perbedaan lagi. Disinilah kita sangat berterima kasih dalam hal ini sinergi dengan Kementerian Pertanian, khususnya Pak Menteri Pertanian,” papar Agus.

Dikatakan Agus, Kementerian Perdagangan penentu kebijakan. Menurutnya penentu kebijakan ini harus didukung oleh sektor-sektor atau kementerian lain, terutama Kementerian Pertanian sehingga tujuan kedua kementerian ini dapat dijalankan secara beriringan.

“Terutama berkaitan dengan pangan, apalagi kita akan meningkatan ekspor pangan, sehingga kedepannya kita akan melakukan inpor pangan dengan selektif. Kementerian Pertanian memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan suatu kebijakan. Sehingga hubungan emosinal yang dikatakan Pak Menteri Pertanian sangat diperlukan dalam bekerja. Saat kita bekerja memiliki sinergi yang sama akan sangat mudah menjalankan arahan Bapak Presiden,” tandas Mendag.

Editor : System

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020