trubus.id
Travel » Coba Minuman Khas Indonesia Ini untuk Hangatkan Tu...
Coba Minuman Khas Indonesia Ini untuk Hangatkan Tubuh di Musim Hujan

Coba Minuman Khas Indonesia Ini untuk Hangatkan Tubuh di Musim Hujan

Hernawan Nugroho - Selasa, 07 Jan 2020 17:00 WIB

Trubus.id -- Musim hujan sudah tiba. Biasanya, udara yang berembus juga menjadi sejuk.  Bahkan di malam hari, udara bisa berubah menjadi cukup dingin.  Minum segelas susu hangat sambil berada di balik selimut adalah hal yang bisa dilakukan untuk menghangatkan tubuh. Selain susu hangat, ada banyak minuman hangat lainnya yang bisa kita konsumsi di musim hujan.

Pilihlah minuman yang tidak hanya bisa menghangatkan tubuh, tapi juga bisa menyehatkan. Indonesia punya beberapa minuman khas yang bisa dicoba minum untuk hangatkan tubuh di musim hujan. Minuman itu juga pastinya menyehatkan karena terbuat dari bahan-bahan alami yang mengandung antioksidan. Minuman apa saja, ya?

Baca Lainnya : Jalan-Jalan ke Berastagi, Jangan Lupa Coba Sensasi Minum Kopi di Dataran Tinggi

1. Wedang Jahe

Siapa yang pernah minum wedang jahe? Minuman ini terbuat dari campuran jahe, dan gula jawa. Untuk membuat wedang jahe, pastikan jahe dicuci lebih dulu sampai bersih. Setelah itu, jahe ditekan sampai pipih. Lalu, rebuslah jahe dengan air putih hingga rasa pedasnya keluar. Kemudian, campur dengan gula jawa supaya rasanya manis. Jahe bisa dibakar terlebih dahulu agar wangi aroma jahe dapat lebih keluar. Rasa jahe yang sedikit pedas dapat menghangatkan tenggorokan secara alami. Selain itu, minuman ini dapat meningkatkan temperatur tubuh agar lebih hangat.

(foto: pixabay)

2. Akar Alang-Alang

Selain wedang jahe, kamu juga bisa membuat minuman akar alang-alang. Minuman dengan bahan satu ini dapat menjaga stamina tubuh dan mencegah flu. Sama seperti jahe, akar alang-alang direbus lalu bisa ditambahkan sedikit gula untuk rasanya. Gula bisa menggunakan gula pasir atau gula jawa.

(foto: tradisi)

3. Wedang Ronde

Minuman lain yang dapat menghangatkan tubuh lainnya adalah wedang ronde. Wedang ronde dengan isian kacang dan kuah air jahe juga baik untuk tubuh. Kacang mengandung lemak yang dapat menambah stamina.

(foto: pixabay)

4. Wedang Uwuh

Wedang uwuh adalah minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Istimewanya, minuman ini adalah favorit para sultan di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat di Yogyakarta.

(foto: istimewa)

Editor : System

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020