trubus.id
Bunga Terbesar di Dunia, Ditemukan Saat Tengah Mekar Sempurna di Sumatera

Bunga Terbesar di Dunia, Ditemukan Saat Tengah Mekar Sempurna di Sumatera

Syahroni - Sabtu, 04 Jan 2020 12:00 WIB

Trubus.id -- Konservasionis Indonesia mengatakan mereka telah melihat spesimen terbesar yang pernah disebut sebagai salah satu bunga terbesar di dunia. Rafflesia tuan-mudae raksasa — bunga merah berdaging dengan bintik-bintik seperti lepuh putih di kelopaknya yang sangat besar — ​​ditemukan dengan diameter 3,6 kaki (3,6 kaki). Itu lebih besar dari rekor sebelumnya 107 sentimeter pada mekar juga ditemukan di hutan-hutan Sumatera Barat beberapa tahun yang lalu.

"Ini adalah Rafflesia tuan-mudae terbesar yang pernah didokumentasikan," kata Ade Putra di Agam Conservation Agency di Sumatra seperti dilansir dari AFP, Kamis (3/1).

Bunga mekar hanya akan bertahan sekitar satu minggu sebelum layu dan membusuk, tambahnya. Itu dinamai Rafflesia setelah penjajah Inggris Sir Stamford Raffles yang melihatnya di Indonesia pada awal abad ke-19.

Spesies ini tumbuh di beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Filipina di mana spesimen 100 sentimeter tercatat. Mekar parasit, kadang-kadang disebut bunga bangkai, meniru bau daging busuk untuk menarik serangga.

Bau yang berbahaya itu adalah Amorphophallus titanum dari Indonesia, bunga berbentuk lingga yang dapat mencapai ketinggian hingga tiga meter (10 kaki). [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

06 April 2020
06 April 2020
05 April 2020

Baca Juga

Berita Lainnya