trubus.id
Segera Bersihkan Rumah Setelah Banjir Supaya Terhindar dari Kuman Penyakit

Segera Bersihkan Rumah Setelah Banjir Supaya Terhindar dari Kuman Penyakit

Hernawan Nugroho - Kamis, 02 Jan 2020 14:00 WIB

Trubus.id -- Ketika banjir melanda, keselamatan menjadi prioritas. Akan tetapi, begitu banjir surut, korban menghadapi tugas berat membersihkan rumah. Tips menghadapi banjir yang ideal tidak hanya menyangkut cara menghadapi bencana, tetapi juga membereskan dampaknya. Berikut apa yang harus dilakukan saat Anda akhirnya siap membersihkan rumah

Pentingkan faktor keamanan sebelum membersihkan

Pastikan Anda dan keluarga “mengamankan diri” sebelum bersih-bersih. Kenakan baju lengan panjang dan celana tebal, sepatu bot, masker, dan sarung tangan. Siapkan peralatan P3K untuk menangani setiap luka secepat mungkin. Cabut semua sambungan kabel dari perlengkapan elektronik di rumah, dan jangan gunakan hingga bersih-bersih selesai.

Baca Lainnya : Banjir Masih Mengintai, Waspada Penyakit Leptospirosis

Siapkan perlengkapan bersih-bersih lengkap

Fokus Anda adalah membersihkan sekaligus membunuh kuman yang terbawa air kotor. Siapkan cairan pembasmi kuman dengan mencampurkan setengah tutup botol bahan pemutih antikuman ke satu galon air. Gunakan campuran ini untuk membersihkan permukaan kotor. Jangan ganti pemutih antikuman dengan “bahan alami” seperti jeruk nipis atau cuka, karena mereka tidak cukup bagus untuk membunuh kuman. Perlengkapan lain yang harus disiapkan adalah alat pel, beberapa lap, sikat, lap kertas sekali pakai, ember, sekop, cairan pembersih lantai, cairan pencuci piring, cuka putih, dan kantung-kantung sampah.

Singkirkan benda-benda yang tidak bisa diperbaiki

Mulailah dengan menyingkirkan benda-benda yang hampir mustahil diperbaiki setelah terekspos banjir. Tirai, karpet, permukaan vinil (lantai dan pelapis dinding), kasur, sofa, serta barang-barang elektronik biasanya sudah tidak bisa diselamatkan. Singkirkan semuanya untuk dibuang nanti. Ambil foto-foto mereka untuk keperluan klaim asuransi.

Baca Lainnya : DKI Jakarta Darurat Banjir, Waspada 4 Penyakit Ini Mengancam

Bersihkan langit-langit dan dinding

Bersihkan rumah dari langit-langit dan bagian atas dinding hingga ke bawah. Singkirkan semua lumpur dan bekas kotoran dengan handuk kertas atau lap sebelum mengoleskan cairan pembasmi kuman menggunakan alat pel. Setiap kali larutan di ember berubah menjadi sangat keruh, buang dan ganti dengan yang baru. Diamkan hingga larutan pembasmi kuman meresap sendiri.

Bersihkan dan pel lantai ubin

Jika lantai Anda terbuat dari ubin dan tidak rusak, Anda bisa membersihkannya dengan cairan pembersih kuman yang sama seperti di poin sebelumnya. Bersihkan tumpukan kotoran dan lumpur, lalu pel permukaan lantai hingga bersih. Diamkan hingga cairannya mengering.

Anda bisa melakukan hal yang sama terhadap lantai kayu, terutama jika bahannya adalah kayu keras berkualitas. Akan tetapi, Anda hanya bisa mendiamkan cairan pembersih selama lima menit sebelum melapnya hingga kering. Hal ini mencegah kayu menjadi rusak. [NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

01 Juni 2020
31 Mei 2020
31 Mei 2020